CARA MEMBUAT RAMUAN TRADISIONAL

ramuan traditional

Apakah sebelum membuat ramuan tradisional harus diketahui terlebih dahulu jenis penyaltitnya? Kalau benar, bagaimana caranya?
  • Setiap gangguan penyakit biasanya menimbulkan berbagai gejala, dari kelaian kulit, sesak nafas, pusing, berkeringat, perdarahan, hingga pingsan. Karena itu, sebelum meramu obat tradisional pastikan terlebih dahulu jenis penyakitnya lewat identifikasi gejala penyerta. Dengan demikian, akan diketahui bahan-bahan yang paling tepat untuk diramu dan diberikan kepada si penderita. 
  • Untuk penyakit menahun atau penyakit degeneratif, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, konsultasi ke dokter perlu dilakukan terlebih dahulu. Utamakan untuk mendapat pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan darah, rontgen, dan CT scan. 
Selanjutnya,bagaimana cara memilih atau menentukan jenis tanaman yang akan dijadikan obat?
  • Tumbuhan atau tanaman yang akan dijadikan obat adalah tanaman yang diyakini dan telah terbukti berkhasiat mengobati penyakit. Sebagai contoh, buah mengkudu telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung flavonoid dan bersifat dieuretik. 
  • Bagian dari tanaman yang dapat diambil untuk dijadikan ramuan sangat beragam, yaitu daun, batang, buah, kulit, biji, dan akar. Untuk itu, pilihlah jenis tanaman yang paling mudah diperoleh secara kontinyu dan paling cocok dengan kondisi kesehatan tubuh penderita. 
Jenis tanaman apayang diambil daunnya untuk ramuan obat?
  • Tanaman yang daunnya diambil sebagai obat banyak sekali ragamnya.
    • Contohnya adalah daun dewa (Gynura segetum) yang berguna untuk menyembuhkan muntah darah, payudara bengkak, perdarahan pada wanita, gigitan ular, dan batuk. 
    • Sementara itu, daun belimbing dan daun seledri bisa digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. 
    • Contoh lainnya adalah daun kelor untuk mengobati panas dalam atau demam, daun bayam duri untuk mengobati kurang darah, dan kangkung untuk mengobati insomnia. 
Apa saja contoh tanaman yang bisa diambil kulitnya?
  • Contoh tanaman yang kulitnya diambil untuk bahan baku ramuan obat adalah kayu manis (Cinnamomum burmanii). Tanaman ini, selain dipakai sebagai bumbu masak, juga dipakai untuk menyembuhkan penyakit batuk, sesak nafas, nyeri lambung, diare, dan rematik. 
  • Sementara itu, kulit pohon angsana bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Kulit batang pohon srikaya bisa untuk menyembuhkan disentri.
bersambung....
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa