khasiat manfaat herbal daun ungu

khasiat manfaat herbal daun ungu - Pembedahan, kata yang menakutkan bagi penderita wasir. Berulangkali kambuh dan berulang kali di obati, keadaan tidak semakin membaik sehingga mendorong dokter untuk merekomendasikan pembedahan guna menghentikan penderitaan.

Tetapi pengobatan dengan operasi adalah suatu penderitaan yang jauh lebih besar khususnya sesudah pelaksanaan pembedahan, dan dengan segala konsekuensinya yang harus di tanggung pasien. Jadi mengakhiri penderitaan berlarut-larut dengan satu penderitaan besar.

Nah, tanaman obat memberikan satu terapi alternatif solusi. Tanpa penderitaan, biaya yang murah dan pada umumnya berhasil, tanaman obatnya dan bagaimana itu bisa terjadi?

DAUN UNGU (GRAPTOPHYLLUM PICTUM (L.) Griff)

Tanaman yang di kenal dari daunnya yang berwarna ungu ini termasuk famili Acanthaceae. Karena sangat di kenal sebagai obat wasir maka sering di sebut pohon wasir. Selain untuk wasir tanaman ini juga biasa digunakan untuk mengobati sembelitdan beberapa penyakit lain yang berkaitan dengan ketegangan kulit.

Fungsi tanaman obat ini dalam pengobatan wasir tampaknya dari sifatnya yang pencahar ringan yaitu menghambat penyerapan air di dalam lumen usus (laksatif ringan) dan pelembut kulit.bahan pencahar akan memudahkan pembuangan air besar sehingga mengurangi gesekan dengan kulit anus dan rektum, sedangkan pelembut kulit akan mengurangi ketegangan dinding anus dan dinding vena di anus sehingga pembengkakan diratakan yang berarti mengempis. Daunnya juga mengandung zat lendir yang tampaknya semakin mengurangi gesekan feses dengan dinding anus.

Resep pengobatan wasir dengan tanaman obat yaitu :

Pertama (yang paling sederhana) : Gunakan daun ungu segar 10 gram yang di rebus dengan dua gelas air jadi 1 gelas, kemudian di saring dan di minum sampai sembuh.
 
Terapi Pengobatan Alternatif kedua Kedua : Daun ungu segar 10 gram di tambah daun sendok segar 15 gram, di cuci dan di rebus dengan 3 gelas air jadi 2 gelas. Saring, minum siang hari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Terapi alternatif Ketiga : Daun ungu dan pegagan atau jika ada pendarahan di tambah rumput mutiara segar masing-masing segenggam, di tambah 3 tanaman tempuhwiyang (Emilia sonchifolia) seutuhnya, bawang merah dan adas (Foeniculum vulgare) masing-masing tiga butir, pulosari dan rimpang kunyit masing-masing ½ jari, di cuci dan di potong-potong seperlunya.rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin di saring lalu di bagi untuk 2 kali minum.

ILER / MIANA (COLEUS scutellarioides (L.) benth) ( daun ungu )

Tanaman hias berbatang basah ini di sebut juga mayana atau si grensing dan termasuk famili Labiatae atau berdaun lidah. Sangat di kenal sebagai obat tetapi beberapa varitas dengan daun indah lebih di kenal sebagai tanaman hias. Varitas dengan daun warna merah hati yang paling sering digunakan sebagai obat.

Penggunaannya sebagai obat wasir biasanya secara tunggal terutama berdasarkan pengalaman. Hasil penelitian kimia dan farmakologi belum jelas mengungkap fungsinya, tetapi tampaknya dari sifat memperlancar peredaran darah dengan menghilangkan gumpalan darah, serta sifatnya mempercepat pematangan bisul yang berarti melunakkan ketegangan kulit, berefek baikjuga bagai pengempisan wasir.

Terdapat beberapa cara penggunaan tetapi resep yang paling biasa untuk wasir yaitu daun segar 25 gram di cuci lalu di rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit, tambahkan 5 gram gula merah, di aduk sampai merata lalu didinginkan dan di saring. Minum sekaligus.
KROKOT (Portulaca oleracea L)

Tumbuhan semak kecil berbatang dan berdaun kecil yang berair ini termasuk famili Portulacaceae. Cairan dari tanaman ini cukup banyak dan bersifat lendir. Fungsinya sebagai obat wasir tampaknya selaras dengan sifatnya yang anti skorbut, menghilangkan bengkak dan melancarkan peredaran darah.

Penggunaan krokot untuk wasir berdarah biasanya digunakan seluruh tanaman sebanyak 9-13 gram di godok dengan 4 gelas air jadi 2 gelas, minum 2 kali 1 gelas pagi dan sore. Cara lain yaitu bahan segar 60-20 gram di tumbuk lalu di peras dan airnya di minum.

SOSOR BEBEK (Kalanchoe pinnata (Lam.) pers)

Sosor bebek, begitu di sebut namanya karena bentuk daunnya yang mirip moncong bebek, termasuk famili Crassulaceae dan di Jawa Barat di kenal dengan nama daun tiris atau daun tiis karena sifatnya yang mendinginkan badan anak yang demam. Digunakan sebagai obat wasir selaras dengan sifatnya yang anti radang dan menghentikan pendarahan

Resep yang dianjurkan antara lain menggunakan daun sosor bebek yang di cuci bersih, lalu diangin-anginkan sampai kering, kemudian di buat menjadi bubuk. Pengobatan dilakukan dengan menyeduh 1 sendok makan bubuk dengan ¾ cangkir air panas di tambah satu sendok makan madu, minum hangat-hangat sehari 3 kali.

LIDAH BUAYA (Aloe vera L)

Tanaman yang sangat di kenal dan sudah banyak penelitian ini sebenarnya termasuk famili Liliaceae. Uji klinis banyak menekankan pada fungsinya sebagai anti kanker dan diabetes, tetapi sehari-hari digunakan untuk menyuburkan rambut dan mengobati luka bakar yang sangat efektif. Fungsinya sebagai obat wasir terutama karena sifatnya yang laksatif dan anti radang.

Resep yang dianjurkan yaitu ½ daun segar di cuci, dibersihkan durinya tetapi tidak di kupas, lalu di parut. Tambahkan ½ cangkir air panas dan 1 sendok makan madu, hangat-hangat di makan, sehari 2 kali.

Selain tanaman-tanaman di atas, tanaman lain yang baik digunakan untuk obat wasir yaitu

PEGAGAN (Centela asiatica (L) urban) dan SAMBUNG NYAWA (Gynura pricumbens back), kedua tanaman ini sudah banyak di bahas dalam edisi-edisi yang lalu.

Penggunaan pegagan untuk obat wasir yaitu 5 tanaman segar di rebus dengan 4 gelas air jadi 2 gelas minum. Sedangkan untuk sambung nyawa digunakan dengan cara makan daun segar 3 lembar setiap kali makan.

Di samping tanaman obat yang diuraikan di sini, sering kita dengar kesaksian tentang tanaman obat yang lain seperti duwet,d aun salam dan lain-lain yang juga efektif untuk pengobatan wasir.

Oleh karena itu terdapat banyak tanaman obat untuk wasir dan terbukti efektif, sehingga persoalan yang besar yang kita hadapi tidak perlu dipecahkan dengan biaya dan pengorbanan yang besar seperti operasi.

Cukup dengan cara yang sederhana dan murah. Di antara semua tanaman obat untuk obat wasir, terbukti daun ungu paling banyak digunakan, efektif dan belum ada laporan tentang adanya efek samping. Daun ungu biasa diperoleh dalam bentuk tanaman hidup, daun kering, kapsul serbuk dan kapsul ekstrak.

Terimakasih Telah Menyimak artikel kami semoga bermanfaat.
By. Ustadz Maulana Mph
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa