Figur Wayang Subali

Subali dalam bentuk wayang kulit, buatan Kaligesing Purworejo
koleksi Tembi Rumah Budaya (foto: Sartono)
Subali

Subali adalah anak Resi Gotama dari pertapaan Grastina. Ibunya bernama Dewi Indradi. Ia mempunyai dua saudara yaitu Sugriwa dan Anjani. ketika muda Subali bernama Guwarsa dengan wajah tampan. Tetapi sesudah ketiga saudara tersebut saling berebut Cupu Manik Astagina yang dibuang oleh Resi Gotama ke telaga Nirmala, maka wajah ketiga anak Resi Gotama tersebut berubah menjadi kera. Setelah peristiwa itu, Resi Gotama menyuruh Subali untuk bertapa ke hutan Sonyapringga. Di hutan tersebut Subali melakukan tapa ngalong, yaitu bergelantung di atas dahan pohon seperti perilaku binatang Kalong. Beberapa waktu kemudian, Subali menjelma menjadi kera yang sakti.
Suatu saat ketika Dasamuka sedang terbang melintas tepat di atas Subali, Dasamuka jatuh ke tanah. Dasamuka kagum atas kesaktian Subali, maka kemudian Dasamuka berguru kepada Subali. setelah menjadi murid Subali, Dasamuka diberi aji yang sangat sakti bernama Aji Pancasona. Barang siapa mempunyai aji Pancosona ia tidak dapat mati jika menyentuh tanah.
Ketika Kahyangan diserang oleh Raja Goa Kiskenda yaitu Prabu Mahesasura, Subali diperintahkan oleh dewa untuk menghadapi Mahesasura dengan janji jika berhasil akan diberi seorang Bidadari yang bernama Dewi Tara. Dengan bantuan Sugriwa adiknya, Subali berhasil membunuh Prabu Mahesasura dan Lembusura
Pada saat Subali membunuh musuhnya di dalam goa, Sugriwa yang berada di luar goa mengira bahwa Subali telah gugur bersama musuhnya, maka kemudian Sugriwa segera naik ke Kahyangan dan mengambil Dewi Tara. Dengan kejadian tersebut Subali merasa dikianati oleh adiknya, maka dengan amat marah Sugriwa dihajar oleh Subali. Sugriwa melarikan diri untuk mencari bantuan, hingga ketemu Rama. Dengan bantuan Rama Sugriwa dapat Subali.
herjaka HS
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa