Persiapan sebelum melakukan pengobatan shiatsu

  • Jaga kesehatan anda sebagai terapis :
  • Untuk dapat memberikan terapi shiatsu, sangatlah penting bahwa anda sendiri sebagai terapis memiliki tingkat energi yang tinggi, Teknik Namikoshi merekomendasikan 5 aturan dasar berikut ini untuk mempertahankan dan merawat kesehatan dan kekuatan energi kita.
  1.  Diet yang seimbang
    • Menjaga diet yang seimbang adalah merupakan bagian integral tak terpisahkan dari proses menjaga kesehatan kita. Jumlah kecil yang cukup dari daging haruslah diseimbangkan dengan sayur-sayuran dan bijian yang mencukupi. Vitamin dan mineral yang disediakan oleh makanan inilah yang menolong tubuh untuk memetabolis makanan menjadi energi. Jika makanan anda tidak mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang mencukupi, sangatlah penting bagi anda untuk mendapatkan suplementasi. Kondisi sering merasa lapar/Ingin makan terus menerus mengindikasikan adanya ketidakseimbangan didalam tubuh yang memerlukan penyeimbangan.
    • Pencernaan yang baik merupakan hal penting dalam diet yang sehat, Mengunyah makanan dengan benar, sarapan yang sehat merupakan hal penting bagi pencernaan. Hindari minum dan makan yang dingin. Air juga merupakan hal penting dari diet harian kita. Makanlah dalam kondisi yang relax tidak terburu dan dalam suasana yang baik stress pada otak kita dapat menyebabkan pencernaan kita “ngambek” Perawatan shiatsu pada bagian perut akan membantu merelakskan ketegangan otot dan meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.
  2.  Tidur yang cukup
    • Tidak ada terapi ataupun obat apapun yang dapat menggantikan kebutuhan tidur. Ketika terbangun walaupun kita bersandar di kursi atau sekedar rebahan tubuh kita tetap akan ada pada status yang menjaga ketegangan otot, hanya dengan Tidur yang berkualitaslah otot tubuh relax, dan organ dalam serta syaraf otak kita beristirahat memberikan kesempatan kepada badan kita untuk pulih dari keletihannya dan merasa segar setelah tidur malam. Secara umum tubuh butuh 8 jam untuk tidur. Tidur juga merupakan komponen penting  untuk menjaga kestabilan emosional dan psychologist. Kelebihan tenaga emosi dari kemarahan, ketakutan, kecemasan dan kesedihan akan memakan energi kehidupan anda. Dengan memperoleh tidur yang berkualitas akan memberikan sumberdaya mental yang mencukupi untuk mengatasi hal tersebut. Kualitas ibadah yang baik seperti sholat malam juga akan memberikan relaksasi tambahan yang akan memperbesar lagi energi anda.
  3. Pembuangan kotoran yang baik.
    • Usus besar haruslah bergerak menyingkirkan kotoran dari dalam tubuh minimal 1 terlebih baik lagi 2 kali sehari, Konsumsi berlebihan dari makanan yang suli dicerna akan menyebabkan penyakit seperti diare ataupun sembelit yang pada akhirnya akan menyebabkan penyakitpenyakit lain yang lebih serius lagi dan menguras energi kita.
  4. Olahraga yang cukup,
    • Salah satu yang terbaik untuk tetap berenergi dan penuh vitalitas adalah dengan menyertakan banyak kegiatan dan rekreasi dalam kehidupan keseharian anda. Anda akan sangat memerlukan olahraga yang cukup terutama jika anda ingin memberikan terapi shiatsu yang baik. Anda harus “memanen” sendiri energi anda dari dalam tubuh anda sendiri. Lakukanlah senam ringan ataupun olah napas dengan baik untuk memperkuat kapasitas paru dan jantung anda yang merupakan “pabrik” energi terbesar bagi anda. Seringlah berlatih memijat walaupun pada diri anda sendiri karena rangsangan pijatan yang anda lakukan pada tubuh sebetulnya juga merangsang syaraf yang ada pada jari-jari anda sehingga secara tidak langsung anda juga merangsang syaraf otak anda sehingga tanpa anda sadari anda sedang memperkuat kekuatan daya fikir anda, Berlatihlah dengan hal sederhana seperti mengerjakan pekerjaan teknisi/otomotif, membuat seni karya dari kayu, melukis, bermain piano, berlatih mengetik dengan sepuluh jari. Latih seluruh jari jemari anda jangan hanya melatih jempol saja dengan latihan SMS !!
  5. Milikilah rasa humor yang cukup tapi tak berlebihan.
    • Secara fisiologis tertawa itu menyehatkan, dan membantu meningkatkan aliran darah ke wajah, berkebalikan dengan marah dan ketakutan akan menyebabkan wajah menjadi merah padam sehingga berwarna gelap dan menciptakan tekanan patologis ke organ dalam. Ketika seseorang tertawa gerakan diaphragma menstimulasikan kerja jantung, limpa dan meningkatkan sirkulasi dan mengaktifkan kerja lambung dan usus kecil. Ada pepatah lama Sebuah senyum dan tertawa memulihkan / memudakan usia yang tua.
    Bersambung....
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa