Teori Dasar pengobatan Shiatsu

Teori Pengobatan Shiatsu
Teori Pengobatan Shiatsu
Teori Pengobatan Shiatsu - Dari sudut pandang medis modern shiatsu bekerja dengan menstimulasi syaraf dan otot diseluruh tubuh, perawatan kepada syaraf memicu refleksi kepada area yang berhubungan ke seluruh sistem syaraf. 

Menstimulasi aktivitas di organ vital. Merawat ke atas otot dan memberikan energy tambahan pada otot. Selama seharian bekerja tekanan dan kerja terus menerus dari otot akan meningkatkan asam laktat dan karbondioksida yang menyebabkan kelelahan dan kaku-kaku. 

Tekanan jari pada otot yang tegang menstimulasi aliran darah ke bagian yang tegang, kemudian membawa asam laktat pergi sambil mensupply glikogen segar untuk otot. Otot yang berfungsi dengan lancar dan lembut diseluruh tubuh sangatlah penting untuk kesehatan total. 

Jika tidak diperhatikan otot yang tegang akan merusak fungsi peredaran darah, syaraf, dan cairan limpatik, menyebabkan peredaran yang jelek dan membuat manusia semakin mudah sakit. Ketika otot tersebut lembut/lemas dan rileks, tubuh akan berfungsi optimal penuh energi dan tahan terhadap penyakit.

Teori klasik medis asia memiliki penjelasan yang sedikit berbeda tentang bagaimana shiatsu bekerja, walaupun ada beberapa hal yang paralel dengan pengobatan modern. Sejak 4000 tahun lalu ketika akupuntur mulai berkembang, ada kepercayaan bahwa dalam tubuh manusia mengalir sebentuk energi yang dikenali sebagai “qi” (baca chi) Energi ini mengalir melalui chanel tubuh atau disebut sebagai meridian atau oleh orang jepang disebut sebagai “tsubos”. 

Melalui meridian inilah energi ini dapat di hubungkan dan dipelihara. Kalau pada akupunktur cina menggunakan jarum pada Shiatsu hanya menggunakan jari jemari tangan saja. Dalam tubuh yang sehat energi ini mengalir dengan baik dan didistribusikan dengan seimbang keseluruh tubuh, pada tubuh yang sakit energi ini akan berlebihan di satu tempat sementara kekurangan ditempat yang lain. Teknik Shiatsu berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan energi. 

Jika seseorang mengeluhkan sakit pada bagian perut maka shiatsu juga akan menstimulasi titik tsubo yang ada di kaki dan paha juga. Sangatlah dianjurkan untuk menggunakan terapi ini pada keseluruhan tubuh baik bagi penyakit khusus ataupun umum untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari terapi ini.

bersambung...
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa