FITOFARMAKA

terapi listrikApakah Fitofarmaka itu.....?
Fitofarmaka adalah tumbuhan atau tanaman obat-obatan yang secara klinis sudah diteliti dan diuji coba sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Apakah Ramuan tradisional itu?
Ramuan tradisional adalah media pengobatan alamiah dengan memakai tanaman sebagai bahan bakunya. Metode ini diyakini sebagai cara pengobatan tertua yang pernah dilakukan oleh manusia. Bahkan sampai saat ini ilmu pengobatan yang memakai tanaman sebagai bahan dasarnya tetap mengacu pada tradisi kuno. Karena itu, ramuan ini disebut "obat tradisional".

Istilah "obat" digunakan karena bahan bakunya berupa tanaman yang berkhasiat dan diyakini dapat mencegah atau mengobati berbagai serangan penyakit.

Sejak kapan ramuan tradisonal mulai digunakan? Hanya di Indonesia ramuan tradisional dikenal? Tidak ada yang menyebutkan dengan pasti sejak kapan obat tradisional mulai dikenal di Indonesia. Selama ini, infomasi yang berkembang hanya menyebutkan bahwa obat tradisional sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Tidak dijelaskan juga figur yang memeloporinya.

Diduga ramuan tradisional lahir dari "eksperimen" orang-orang yang sangat menyakini bahwa alam menyediakan segalanya yang berguna bagi manusia. Kemudian resep-resep yang mereka buat dicatat dan diwariskan secara rurun temurun.

Ternyata pemakaian ramuan tradisional tidak hanya dilakukan di Indonesia. Berbagai bangsa juga telah mengembangkannya sejak lama, antara lain Cina, Jepang, India,suku Indian di Amerika, dan beberapa negara di Afrika. Bahkan, Cina dikenal sebagai "gudangnya" ramuan tradisional.

Di negeri tirai bambu tersebut, pengobatan dengan memakai ramuan radisional telah dilakukan sejak Dinasti Ming, sekitar tahun 1368-1644. Di zaman itu para tabib Cina secara turun temurun rajin mencatat berbagai resep berkhasiat yang mereka temukan. Kurang lebih ada 3.000 buku ramuan obat Cina yang sampai sekarang masih banyak digunakan.

Sementara itu, jauh sebelum bangsa lain membuat klinik pengobatan tradisional dirumah sakit, bangsa India sudah terlebih dahulu meresmikan klinik klinik pengobatan tradisional di setiap rumah sakit. Di Indonesia, cara-cara pengobatan tradisional banyak diwarisi dari keraton-keraton jawa Para ahli pegobatan dan kecantikan, keraton sangat disiplin dalam mencatat dan mendokumentasikan berbagai resep ramuan tradisional tersebut. Diantara hasil dokumentasi tersebut lahirlah sebuah buku yang berjudul Serat Primbon Jampi Jawa yang hingga kini banyak digunakan di lingkungan Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

bersambung...

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa