Yin dan yang dalam jamu lima unsur 

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai jamu lima unsure, alangkah baik kita mengenal terlebih dahulu jamu lima unsur atau U SING, berbicara mengenai lima unsur atau USING, tidak terlepas dari ilmu akupuntur, karena Akupuntur itulah yang mengilhami Tentang Jamu U SING.

YING dan YANG atau U SING

jamu lima unsurSEKILAS PANDANG TENTANG YIN YANG Menurut ilmu Akupuntur, bahwa teori YIN YANG merupakan sebuah teori falsafah alamiah yang mendasari pengobatan akupuntur , yang menggunakan karakteristik YIN dan YANG untuk menerangkan sifat, keadaan gerak, perubahan sesuai dalam alam kehidupan. YIN YANG adalah dua buah sifat yang bertentangan, yang dimiliki segala seauatu dalam alam semesta, selain bertentang an satu dengan yang lain, karakter YIN YANG adalah sebagai berikut:
  • Merupakan sebuah kesatuan dalam keadaan keseimbangan dinamis. 
  • Dalam pertentangan keduanya saling tarik-menarik.
  • Dalam keseimbangan yang dinamis keduanya saiing memfbentuk.
  • Penilaian YIN YANG tidak mutlak, tergantung sudut pandang dan keadaan. 
  • Tidak ada YIN YANG yang murni, dalam YIN terdapat YANG dan sebaliknya. 
  • Keseimbangan antara YIN dan YANG mcnyatakan keadaan Fisiologis (sehat), hilangnya 
keseimbangan menimbulkan keadaan Patologik (sakit). Segala aspek ilmu Akupuntur ditandai oleh teori YIN YANG mulai dari fisiologik, patologik, cara pemeriksaan, dasar penegakan diagnosa, therapi dan bagaimana cara mengatasinya.

SEKILAS PANDANG TENTANG TEORI LIMA UNSUR ( U SING) U SING

teori lima unsure merupakan sebuah teori yang di dasarkan pada falsafah alamiah yang kedua setelah teori YIN YANG. Teori ini menerangkan bahwa segala seauatu di alam semesta ini digolongkan 5 Unsur yaitu : Tanah, Air, Logam, Api dan Kayu. Kelima unsur ini berhubungan erat, satu sama lain membentuk keseimbangan dinamis yang teratur, tertib berdasarkan hukum-hukum tertentu.

Hukum pergerakan lima Unsur terdiri dari : Hubungan menghidupi. Hubungan membatasi. Hubungan menghidupi membatasi. Hubungan penghinaan penindasan. Hukum terakhir ini merupakan hukum yang berlaku pada keadaan patologik (sakit), dimana suatu unsur menjadi lebih lemah atau lebih kuat. Seperti halnya YING YANG, demikian pula 5 Unsur ini,

Tiada  Unsur yang murni. Dalam setiap unsur terdapat sifat ke empat unsur lainnya, misalnya Kayu : Dalam Kayu terdapat juga unsur Logam , Air, Tanah, dan Api. Teori ini di proyektir dari alam semesta pada kehidupan manusia, organ, panca indra, jaringan penunjang tubuh, emosi dan Citarasa yang mengikuti dasar penggolongan sejenis U SING (5 Unsur).

yin dan yang dalam sebuah jamu
bersambung.....

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa