Cara Membuat Jamu Lima Unsur

Cara Membuat Jamu Lima Unsur
Cara Membuat Jamu Lima Unsur
Cara Membuat Jamu Lima Unsur - Orang awam yang belum mengenal tentang pengetahuan tentang jamu akan langsung beranggapan jamu yaitu "JAMU CEKOK", karena orang-orang tua kita dahulu bila putera/ puterinya sakit terus dimintakan jamu ke penjual jamu untuk di "dicekoki" Jamu, sebetulnya bukan hanya orang-orang tua kita, tetapi sejak nenek moyang kita sudah mengenal apa itu Jamu.

Cara Membuat Jamu Lima Unsur
Cara Membuat Jamu Lima Unsur
Jamu adalah suatu ramuan yang bermanfaat untuk penyembuhan dan atau untuk perawatan kondisi  tubuh. Karena disebut jamu tradisional maka alat-alatnya pun masih menggunakan alat yang tradisional pula, harganyapun sangat terjangkau bagi semua lapisan masyarakat, alat alat yang di gunakan untuk membuat jamu  Misalnya:   
  • Lumpang kayu/batu/ besi.
  • Ayakan atau saringan dan sebaginya.
Marilah kita mulai mengenal alasan-alasan mengapa kita tetap membudidayakan jamu tradisional  itu :
  • Bahan-bahannya mudah didapat.
  • Harganya relatif murah.
  • Tidak ada efek samping yang berbahaya.
  • Bermanfaat untuk kesembuhan dan perawatan kondisi tubuh.
  • Yang utama menjaga ke Tradisional nya.
Walaupun alasan-alasan tersebut cukup sederhana, namun khasiat serta kwalitas jamu itu tidak kalah dibandingkan dengan obat-obaian modern, apabila cara meramunva benar dan tepat berdasar kan ilmu pengetahuan jemu Lima Unsur, bahkan bisa disejajarkan dengan obat-obatan modern.

Cara Membuat Jamu Lima Unsur yang handal

Banyak   para   pengrajin   jamu   tradisional   yang   jamunya   bisa   untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang kronis dan menahun. Namun masih banyak warga masyarakat yang masih memandang sebelah mata dengan pengetahuan jemu ini, bahkan ada yang anti pati dan menilai bahwa jamu adalah KUNA atau ketinggalan zaman, tapi kami optimis orang-orang yang berprasangka begitu suatu saat akan terbentur oleh kenyataan. Satu contoh, sekarang banyak Cendekiawan, lntelcktual yang berkecimpung dengan jamu tradisional, bahkan banyak penderita suatu penyakit yang sembuh dengan menggunakan jamu tradisional. Disini perlu diingat semua jenis penyembuhan tetap berada ditangan Tuhan Yang Maha Esa, jadi bagi pengrajin jamu jangan berfikir

“ AKU “ yang menyembuhkan si penderita, tetapi penyembuhan itu atas rahmat Tuhan lewat ilmu anda. Jadi kesimpulannya, anda jangan puas diri atau sombong dengan ilmu yang anda peroleh, berdo'alah minta petunjuk dari Tuhan Yang Maha Bisa untuk kesembuhan para pasien anda.

Untuk itu para pengrajin jamu harus mengerjakan / melakukan penyembuhan secara lahir dan batin. Dari hal-hal tersebut diatas sebenarnya terkandung suatu harapan yang penting dan berarti bagi dunia pengobatan khususnya jamu, bahwa sangat bermanfaat untuk penyembuhan,maka timbulah suatu keinginan untuk bekerja sama dengan para pengelola obat-obatan Medis demi memajukan sarana pengobatan / penyembuhan.

Dibawah ini mari kita tinjau keberadaan jamu yang terdapat dilingkungan masyarakat Indonesia khususnya Jawa. Menurut pengertian kami jamu ada 5 (lima) kategori :
  • JamuNaluri : Artinya jamu yang diramu menurut naluri secara turun-temurun yang sudah menjadi kebiasaan walaupun hal tersebut tidak diketahui mekanisme didalam tubuh setelah diminum.
  • Jamu Paranormal : Yaitu jamu yang aiberikan kepada penderita, tanpa didukung oleh ilmu pengetahuan, walaupun dilihat secaar supranatural bisa digunakan sebagai sarana pengobatan.
  • Jamu Medis : ialah jamu yang telah dikemas secara Medis, melalui uji klinis atau laboratoris.
  • Jamu asal jamu : ialah jamu yang diramu secara sembarangan tanpa dasar ilmu pengetahuan, ilmiah dan logika, hal itu bisa terjadi karena pengaruh lingkungan atau kebiasaan.
  • Jamu Lima Unsur (USING) : ialah jamu yang diramu berdasarkan ilmu Akupuntur, bahan-bahannyapun mudah didapat di Negri tercinta ini.
bersambung....
Jamu Tradisional
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa