PRIMBON PENANGGALAN
PRIMBON PENANGGALAN
PRIMBON PENANGGALAN
Orang jawa ,seperti masyarakat lainya sangan jeli memperhatikan dan mengamati tanda-tanda alam.kehidupan mereka yang sangat bergantung kepada alam mendorong mereka untuk semakin mengenali alam,kemudian membuat pembekuan-pembakuan atas gejala alam yang terjadi berulang ulang.

Salah satu dari pembakuan gejala alam yang tercatat dalam primbon jawa adalah sisitem penaggalan. berbeda dengan sisitem penangalan masehi yang kita kenal secara nasional. Penaggalan jawa sangat serat dengan makna-makna perlambang alam yang direkam selama ribuan tahun, Makna-makna itu berkaitan berkaitan dengan watak dari waktu yang berjalan,sifat manusia,pekerjaan yang cocok dan masih banyak lagi.

Jika ada unsur yang di rasa negatif mengenai penjelasan mengenai watak-watak penanggalan yang terurai di bawah ini,beserta hubunganya dengan kelahiran seseorang,orang jawa bisa mendamaikanya dengan mendekatkan diri kepada tuhan melalui ritual tertentu yang disebut dengan laku.

Menurut catatan primbon,hari-hari yang kita lalui itu memiliki watak dan pengaruh tersendiri.hari yang adalam bahasa jawa disebut dino,mengandung watak seperti di bawah ini.
  1. Minggu : berwatak matahari,baik manis,dan menyenangkan tetapi mudah hanyut.
  2. Senin    : berwatak bulan,megah,sangat senang dengan hal-hal yang sangat mewah.
  3. Selasa  : berwaak api,curiga,tak mudah percaya,dan sering buruk sangka.
  4. Rabu    : berwatak bumi,menepati kesanggupan,pantas dalam segala hal,sering sembrono.
  5. Kamis    : berwatak angin dan petir,peke terhadap rahasia-rahasia alam,tapi suka pamer,manja dan tak mau kalah dengan yang lain.
  6. Jumat    : berwatak bintang,senag dengan hal-hal yang suci,dan mengharuskan kemurnian.
  7. Sabtu     : berwatak air,serakah akan segala hal.dan sangat ingin menonjol.
Nurulhikmahoke | Ilmu hikmah | Ilmu Gendam | Ilmu Pelet

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa