khasiat dan manfaat landik

Landik ( Barleria lupulina   Lindl.)

Sinonim :
Nama Latin: -
Nama Daerah : buah landik atau sujen trus
Klasifikati:

Bangsa :  Solanales
Suku : Acanthaceae
Marga : Barleria
Jenis  : Barleria lupulina Undl.

 

Deskripsi :Landik merupakan semak, tingginya kurang lebih 1 m. Daun tunggal, berhadapan, tepi rata, ujung runcing, pangkal meruncing, tipis, tulang daun sejajar, tulang daun berwarna kuning atau orenge,permukaan licin, tangkai daun pendek, pada pangkal tangkai daun terdapat sepasang duri yang kuat dan tajam berwarna merah ungu, warna hijau keunguan. Batang tegak, berkayu, warna hijau kecoklatan. Bunga majemuk, berkumpul dalam rangkaian bulir yang muncul dari ujung batang, warna ungu kekuningan atau kuning emas. Buah betbentuk bulat, warna hijau. Biji becbentuk bulat plpih, warna coklat kehitaman. Akar tunggang, warna purih kotor.Tanaman ini berasal dari Madagaskar. Tumbuh liar di hutan dan ladang, atau sebagai tanaman hias, tanarnan pagar. Tumbuh baik pada ketinggian sampai 100 m dpi. Cara pengembangbiakannya biasanya menggunakan stek. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Kandungan  / Sifal  Kimia : Polifenol, saponin, flavonoid

Bagian Tanaman yang digunakan : Daun
Efek Farmakolagi tanaman landik : Melancarkan aliran meridian

Manfaat dan khasiat tanaman landik  :

  • Digigil ular berbisa.Daun 6—10 gr direbus. Pemakaian luar daun dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang sakit.
  • Bengkak terpukul atau lerjaluh. Daun 6 —10 gr direbus. Pemakaian luar daun dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang sakit.
  • Bisul, luka berdarah dan koreng.Daun 6-10 gram digodok. Pemakaian luar daun dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang sakit.
  • Rematik. Segenggam daun dicuci bersih lalu di haluskan dengan cara di tumbuk.diremas dengan air kapur sirih secukupnya sampai menjadi seperti bubur. Setelah itu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit dengan cara di gosok gosok.
  • Kontra   Indikasi  : untuk wanita yang sedang Wanita  hamil dilarang  menggunakan ramuan ini.

Mustika Pelet Sesama jenis
Minyak Pelet Sesama Jenis
Jimat Pelet Sesama Jenis
bulu perindu