WATAK KELAHIRAN JUMAT LEGI

WATAK KELAHIRAN JUMAT LEGI



untuk yang memiliki Weton Jumat Legi. maka Sifat/karakter orang yang lahir pada Weton tersebut, yakni : , mereka yang lahir pada hari ini cenderung bersifat jujur. Bahkan, mereka terkadang mungkin terlalu jujur, sebab mereka adalah tipe orang yang suka mengungkapkan pikiran mereka tanpa tedeng aling-aling!

Mereka cukup teguh dengan pendirian mereka, tetapi sikap seperti ini terkadang juga menghambat kemampuan mereka untuk menerima orang lain secara apa adanya. Sebaiknya kita tidak memancing amarah mereka, karena mereka dapat bertindak ekstrim bila sedang naik darah. Meskipun demikian, mereka setia dan murah hati terhadap orang- orang yang dicintainya. Simpati mereka mudah timbul sehingga tidak keberatan untuk bertindak diluar jalur mereka untuk membantu teman atau bahkan orang asing.

Mongso serta Sifat/karakter orang yang lahir pada Mongso tersebut yakni mongso KAPAT - Waspa Kumembeng Jroning Kalbu
19 September - 13 Oktober
KEADAAN UMUM

Mereka yang terlahir pada tanggal 19 September - 13 Oktober adalah kelahiran Mangsa "KAPAT" dengan begitu akan terpengaruh oleh sifat dan perwatakan serta nasib Batara Wisnu. Lama orbit adalah 25 hari, terletak di belahan langit selatan. Mangsa "KAPAT" telah memasuki musim penghujan, tetapi keadaan mata air masih meresap ke dalam tanah. Artinya airnya belum tertumpah dan mengalir. Maka keadaan seperti itu dicandra dengan sebutan "Waspa Kumembeng Jroning Kalbu" artinya air mata tergenang dalam batin. Petani sedang panen palawija (kacang, jagung, ubi). Sedangkan hawa di siang hari terasa gersang, angin berhembus dari arah barat laut menuju tenggara dengan kekuatan sedang. Burung manyar membuat sarang pada ranting- ranting pohon yang rendah, bahkan ada pula yang membuat sarangnya pada tangkai-tangkai daun jagung. Peralihan musim kemarau ke penghujan disebut musim Labuh. Batara Wisnu adalah Dewa yang mempunyai jiwa kasih sayang dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Batara Wisnu adalah putera Batara Guru. Hyang Wisnu dapat tiwikrama (berubah) menjadi raksasa. Raksasa yang bertubuh besar dengan kekuatan yang luar biasa. Senjata andalan Batara Wisnu adalah Cakra. Dengan Cakra itu Batara Wisnu dapat menghancurkan segala bentuk keangkara murkaan. Karena Batara Wisnu bersifat jujur dan tidak senang dengan segala macam bentuk kejahatan dan hal-hal yang mengakibatkan dunia ini rusak, maka Batara Wisnu sering menjelma di dunia menjadi Raja. Batara Wisnu menjelma menjadi Sri Rama, yang akan menghalangi perusakan dunia dari tangan Rahwana, menjadi Prabu Arjunasasrabau di kerajaan Maespati. Menitis menjadi Prabu Kresna di kerajaan Dwarawati, yang akan mencegah pengerusakan dunia ini oleh Kurawa. Bahkan di jaman Purwacarita pernah menjadi raja dengan gelar Sri Maharaja Budakresna. Raja-Raja titisan Batara Wisnu selalu mempunyai kesaktian yang tinggi dan mempunyai senjata khas ialah Cakra yang maha ampuh. Mungkin semacam rudal kalau jaman kita sekarang. Karena Cakra dapat diperintahkan untuk mengejar musuh hingga kena dan kemudian senjata itu akan kembali lagi kepada yang empunya. Ketika di kerajaan Kediri bertahta seorang Raja yang terkenal dengan sebutan Pandita Ratu ialah Prabu Jayabaya, ternyata Prabu Jayabaya adalah penjelmaan Batara Wisnu juga. Mencegah kehancuran suatu generasi penerus bangsa yang akan perang saudara antara Jenggala dan Daha. Banyaklah cerita-cerita tentang Batara Wisnu, Batara yang bijak dan mencintai kedamaian dan
keutuhan antar umat. Gambaran-gambaran yang kami ketengahkan itu, menggambarkan betapa besar dan mulianya Batara Wisnu. Begitu pula orang kelahiran Mangsa "KAPAT" yang mewarisi sifat-sifat Batara Wisnu. Berwatak lembut dan halus, serta ramah. Tidak menginginkan suatu bentuk kekerasan, misalnya perkelahian, sangat menginginkan persahabatan dengan siapa saja. Segala tingkah lakunya, perbuatannya, semuanya menimbulkan rasa kagum dan simpati. Kalau dia menjadi pemimpin, dia tidak akan berat sebelah dalam memutuskan segala sesuatunya. Perbuatannya adil dan bijak. Bahwa sejak masih anak-anak, remaja, maupun setelah tua, selalu saja menjadi penasehat bagi orang-orang yang sedang mengalami kesulitan. Bukan saja mereka yang datang minta nasehat itu usianya lebih muda dari padanya, tetapi orang-orang yang lebih tua pun minta pertolongan dan petunjuk perkara padanya. Di samping kesibukan sehari-hari, orang "KAPAT" ini masih dapat menyempatkan diri mengagumi keindahan Alam dan Kesenian. Sedangkan di dalam pergaulannya sangat baik, sopan dan dapat membawa diri. Benar-benar mengagumkan dan disenangi di dalam pergaulan. Seumur hidupnya orang kelahiran Mangsa "KAPAT" ini selalu dalam kesenangan dan rejekinya melimpah, gampang mencari uang. Maka tidaklah mengherankan kalau tampaknya selalu gembira dan banyak senyumnya. Banyak kawan, banyak pengagum, tetapi banyak pula yang ingin mencelakainya, walaupun akhirnya orang-orang yang memusuhinya itu berbalik menjadi orang kepercayaan atau berbaik padanya.

KEADAAN FISIK

Kelahiran Mangsa "KAPAT" pada umumnya mempunyai bentuk tubuh yang altetis, ramping berisi. Sedangkan wajahnya bulat bagaikan bulan. Dengan bola mata yang berbinar-binar, bibirnya tipis bagaikan pinang terbelah, dan berlesung pipit, murah senyum dan tawanya berderai. Suaranya sangat merdu, maka cocok sekali kalau menjadi penyangi. Di samping itu orang kelahiran Mangsa "KAPAT" ini bentuk tangan dan kakinya sangat indah dengan jemari lentik, maka juga cocok kalau menjadi seorang penari balet atau penari tradisional.

KEADAAN MASA KANAK-KANAK

Didalam kehidupan sehari-hari anak kelahiran mangsa "KAPAT" ini seringkali sangat menonjol di antara teman-temannya. Karena anak Mangsa "KAPAT" ini pada umumnya sangat cerdas dan lincah, lagi pula senang menolong sesama teman. Dalam berpakaian mereka memilih pakaiannya sendiri dan walaupun masih kanak-kanak tetapi sudah dapat membedakan pakaian yang bagus dan serasi untuk dirinya. Begitu pula tentang makanan, sejak kecil sudah dapat memilih makanan yang enak. Maka nafsu makannya agak kurang kalau masakan yang dihidangkan tidak menjadi seleranya. Keadaan tubuh anak mangsa "KAPAT" pada umumnya, kuat dan sehat. Tetapi sering tampak merenung seolah sedang sedih, walaupun sebelumnya tampak bergembira. Memang menjadi sifat anak "Kapat" gampang sekali hanyut terbawa sedih dan tiba-tiba terbawa pula oleh kegembiraan. Sedangkan suasana lingkungan yang paling disukainya adalah yang tenang ketimbang suasana hiruk-pikuk. Banyak juga anak-anak dari mangsa "KAPAT" ini yang genius. Karena banyak anak-anak ini yang dapat membuat permainannya sendiri, atau dapat menciptakan permainan yang aneh-aneh, yang tidak dapat dilakukan oleh anak-anak sebayanya. Mereka sangat menggemari bacaan, karena keingin tahunya menyebabkan anak-anak Mangsa KAPAT menelaah buku-buku pengetahuan hingga mereka memiliki ilmu pengetahuan yang banyak. Pada umumnya anak-anak mangsa "KAPAT" ini tidak mau mendapat perlakuan keras. Karena dia sendiri tidak pernah berbuat keras. Dia lebih senang mendapat tutur kata yang lemah lembut dan akan mematuhinya.

KEADAAN MASA REMAJA

Seperti anak-anak, maka setelah menginjak usia remaja pun sangat menarik dan disenangi dalam pergaulan. Kawan-kawannya terutama lawan jenis sangat menyukainya. Maksudnya kalau itu cowok maka sangat disukai oleh kawan-kawan yang Cewek. Begitu sebaliknya kalau anak itu cewek, dia akan mendapat banyak simpati dari kalangan cowok, sehingga suasana pergaulan itu semarak. Remaja mangsa "KAPAT" banyak yang berbakat

dalam dunia teather. Memang mereka adalah pemain watak yang baik. Karena bakat ini dibawanya sejak lahir. Mereka gampang sekali tampak sedih, sedangkan sebelumnya tampak bergembira. Sedih dan gembira dapat dilakukan dengan tiba-tiba. Maka di dalam pergaulan, kawan-kawannya terkadang sempat dibuat kebingungan. Remaja mangsa "Kapat" juga mempunyai kegemaran menyendiri, kalau tempatnya berkumpul itu terlalu bising atau hingar-bingar. Walaupun dia senang bergaul tetapi tidak senang hal-hal yang ribut dan keras. Pada umumnya remaja "KAPAT" adalah sahabat yang menyenangkan. Karena sifatnya yang arif dan cara bicara dan berfikirnya lebih tua dari keadaan usianya, maka banyaklah kawan sebayanya yang minta petunjuk. Dalam pekerjaan, dia sangat terampil dan dapat menyelesaikan semua pekerjaannya dengan baik. Terhadap kawan sekerja pun dia senang memberikan pertolongan. Sehingga dia dapat terpilih menjadi ketua serikat kerja, atau kelompok para pekerja. Karena dia sanggup memperjuangkan kepentingan kawan-kawannya. Sebagai pelajar pun dia berhasil, karena gemar membaca sehingga banyaklah ilmu pengetahuan yang diserapnya. Cerdik, pandai dan bijaksana. Patuh dan disiplin menjalankan segala perintah Gurunya. Sehingga Guru-Gurunya pun menaruh perhatian dan kepercayaan padanya. Banyak keberuntungan yang dicapainya, sehingga seolah tidak pernah mengalami kesulitan. Semua itu dapat terjadi, karena dia sangat pandai mengamati lingkungan, mempelajari apa pun yang sedang dihadapinya. Bakat alam itu sudah begitu menonjol sejak masih anak-anak. Segala keputusannya telah diperhitungkan dengan masak-masak.

CIRI KHAS

Untuk mengetahui ciri khas yang mencolok anak, remaja, atau orang kelahiran mangsa "KAPAT" ialah dengan menyaksikan cara berpakaian dan menggunakan aksesori. Kalau kita menyaksikan seseorang dalam penampilannya tampak necis, trendy, dengan pakaian yang bagus bahkan perhiasan yang mewah serta dandanan yang berlebihan, maka dapatlah dipastikan bahwa orang itu adalah kelahiran mangsa KAPAT.

Selain dari itu tanda fisik yang mencolok adalah lesung pipitnya atau dekik pipinya yang membawa wajahnya bertambah manis. Selain dari pada itu tanda lain adalah penampilan wataknya yang khas, ialah cepat berubah dari suasana riang ke sedih dan dari sedih ke riang. Atau dari tertawa ke menangis dan kebalikannya dari menangis ke tertawa.

IKATAN PERSAHABATAN

Orang kelahiran Mangsa "KAPAT" tidak semua orang dapat cocok padanya. Seperti mangsa- mangsa lainnya, maka orang kelahiran mangsa Kapat ini mempunyai sahabat-sahabat yang cocok dan yang paling cocok. Artinya sahabat yang dapat berbagi rasa, suka maupun duka. Bagi orang kelahiran mangsa KAPAT tentu saja dengan mudah untuk mendapatkan teman. Tetapi yang paling cocok adalah kelahiran mangsa "KAWOLU" (4/5 Februari - 1 Maret) Selain itu ada pula beberapa teman yang dekat padanya, mereka itu adalah kelahiran mangsa Saddha (13 Mei - 22 Juni), kelahiran Kalima (14 Oktober - 9 NoVember), juga kelahiran Mangsa Karo (3 Agustus - 25 Agustus), kelahiran mangsa Kasadasa (27 Maret - 19 April) dan kelahiran Kapat itu sendiri. Walau sebenarnya banyak orang-orang yang senang bergaul dan menjadi kawan-kawan yang baik padanya. Tetapi belum tentu mereka semua dapat seiya sekata atau sehati. Maka kawan itu belum tentu sahabat. Karena sahabat itu adalah kawan diwaktu suka dan duka.

PEKERJAAN YANG COCOK

Mereka yang terlahir mangsa Kapat, sebenarnya tidaklah sulit mencari pekerjaan. Tetapi dengan mempermudahkan suatu kerjaan belum tentu akan membawa kebahagiaan dan kecocokan. Maka harus dikaji terlebih dahulu dengan teliti. Mengkajinya dengan cara mengetahui hari kelahiran terlebih dahulu, ternyata hari kelahiran itu juga mempunyai karakter. Maka haruslah di kelompok-kelompokkan, akhirnya ditemukan tiga kelompok yang masing-masing mempunyai karakter yang sama. Pembagian hari berdasar karakter hari itu adalah sebagai berikut ini:

1. Eka

Kelompok pertama ini adalah mereka yang terlahir pada hari Minggu, Rabu dan Jumat. Orang-orang yang terlahir pada mangsa Kapat itu pekerjaan yang paling cocok adalah pekerjaan yang berhubungan dengan keindahan yang disebut tata ruang. Tetapi juga ada bidang lainnya yang dapat digeluti sebagai profesi yaitu kapsalon, arsitek, dan sekretaris. Hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan keindahan dan kerapian. Karena orang kelahiran mangsa Kapat itu bersifat senang kepada hal-hal yang indah dan rapi, yang rnendatangkan ketenteraman hati. Adapun yang dapat mengangkat kadernya adalah sebagai ahli tata ruang, dekorasi dan interior.

2. Dwi

Adapun kelompok kedua adalah kelahiran hari Senin. Kelahiran hari ini cocok bekerja di bidang tarik suara atau penyanyi, pengarang, wartawan, aktor/aktris, pekerjaan di bidang seni teater. Tetapi pekerjaan yang mengangkat kariernya adalah bila dia berkecimpung di dunia karang-mengarang.

3. Tri

Kelompok terakhir ini adalah kelahiran hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pekerjaan yang sesuai dan cocok bagi kelompok ini ada beberapa kesempatan kerja, diantaranya adalah profesi bidang bangunan rumah, bekerja di lembaga bahasa, penerjemah, Kepolisian, atau biro jasa angkutan, ahli tata pertamanan, dan kemungkinan dapat juga sebagai penerbang. Tetapi pekerjaan yang paling cocok dan kariernya akan baik, adalah bidang pekerjaan yang sesuai dengan jiwa dan watak Batara Wisnu adalah menangani kejahatan dan penegak hukum khususnya Polisi. Demikian tiga kemungkinan yang dapat dipersiapkan sejak dini, karena pekerjaan itu yang akan mengantar ke arah kebahagiaan dan sukses dikemudian hari. Bila pekerjaan yang digelutinya sesuai artinya cocok, maka pekerjaan itu tidak menjadi beban. Bahkan dapat mendatangkan gairah dan kegembiraan bekerja. Sedangkan orang tua sebenarnya sudah dapat mengamati sejak masih kanak-kanak. Bukan memaksakan, tetapi mengarahkan ke porsi yang sebenarnya. Karena pada umumnya selama masa kanak-kanak, hingga masa remaja adalah saat mencari jati diri atau mencari bakat.

REJEKI & PENGHIDUPAN

Orang kelahiran mangsa KAPAT pada umumnya sejak kecil sudah hidup mewah. Tidaklah mengalami kesulitan dalam mencari nafkah. Karena seolah-olah dialah keberuntungan itu, keberuntungan itu selalu bersamanya. Walaupun begitu, bagi kelahiran mangsa Kapat itu tidaklah berarti akan sama semuanya dalam segi keberuntungan dan keuangan. Seperti yang terjadi pada bidang pekerjaan dan karier, maka dalam segi Rejeki dan Penghidupan, juga di data dan ditentukan oleh hari ketika dilahirkan. Dikelompokkan menjadi tiga kelompok juga.

1. Eka

Kelompok kesatu ini adalah yang lahir hari Minggu, Rabu dan Jumat. Mereka ini mempunyai rejeki yang baik, tetapi lebih mengutamakan kedudukan tinggi daripada uang. Apalagi dia sangat menggemari ilmu pengetahuan dan hidup dalam ketenangan. Apa yang didapat dari pekerjaannya dirasa sudah cukup. Tidak terlalu mengajar materi. Tetapi nasibnya memang baik, maka dihari tuanya serba kecukupan dan bahagia.

2. Dwi

Kelompok ini adalah mereka yang terlahir pada hari Senin. Bagi mereka yang terlahir di hari Senin pada mangsa "KAPAT" ini adalah orang yang banyak keberuntungannya. Selain harta dan pekerjaan yang mudah didapat, dia sendiri mempunyai kelebihan-kelebihan keterampilan. Semua itu karena dia gemar belajar dan selalu berguru. Artinya mengikuti kursus-kursus disamping dapat menyelesaikan sekolah dengan baik. Keberuntungan selalu beserta padanya, sehingga sejak masih muda sudah mendapat kernudahan mencari uang, maka hingga hari tuanya nanti dia selalu dalam hidup senang dan bahagia.

3. Tri

Kelompok ini adalah mereka yang terlahir di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mereka ini adalah orang- orang yang senang bekerja keras. Berdasarkan pendataan Horoskop Jawa, Pranata Mangsa, maka kelahiran hari Selasa, Kamis dan Sabtu adalah orang yang paling bahagia. Seumur hidupnya tidak pernah mengalami kekurangan uang, rejekinya berlimpah ruah. Begitu pula kariernya sangat baik. Tetapi tidak menjadikan orang kelahiran ini menjadi pongah dan sombong, karena memang itu bukan sifat orang "KAPAT". Justru dia lebih cenderung mendermakan sebagian hartanya untuk kepentingan orang lain, tidak memilih golongan, bangsa, dan agama. Demikian perjalanan hidup orang kelahiran mangsa "KAPAT" dalam segi rejeki dan social ekonominya.

HARI JAYA

Dalam kehidupan ini ada hari jaya dan hari terburuk bagi seseorang. Maka Horoskop Jawa telah memberikan suatu data perhitungan sebagai pedoman untuk mengetahui saat-saat yang baik untuk sesuatu pekerjaan yang dianggap besar. Mangsa "Kapat" bulan Mei - Agustus adalah bulan terbaik baginya untuk mengerjakan sesuatu yang besar. Lebih tepatnya adalah sekitar 30 Mei – 2 Agustus memasuki wuku Wugu, Gumbreg, dan Pahang, mendapat anugerah paling besar dari Batara Wisnu. Kalau diantara tanggal-tanggal tersebut terdapat hari Minggu, Selasa, dan Jumat, adalah hari-hari yang paling baik bagi kelahiran mangsa "Kapat", utamanya adalah hari Jumat. Hari Jumat adalah hari jaya baginya, walaupun pada bulan apa saja.

HOBI

Kelahiran mangsa "Kapat" mempunyai beberapa macam hobi yang dapat dikomersialkan, maka akan berlimpah ruah juga hartanya.

1. Dekorasi, tata ruang.
2. Bertamasya ke tempat-tempat wisata yang berhawa dingin, sejuk.
3. Seni tari, dan seni busana.
4. Barang-barang antik, termasuk Lukisan, Kriya, dan Patung.
5. Berdiskusi, berlayar, dan safari sosial. Demikian beberapa hobi orang Kapat yang sangat menonjol, tetapi hampir semua hal yang berbau Seni sangat disenanginya.

JODOH

Jodoh telah ditentukan oleh Tuhan, tetapi manusia mencoba untuk mencari-cari yang mana jodohnya yang sebenarnya. Horoskop Jawa berusaha mendeteksi sampai sejauh ini tentang kebenaran adanya kepastian jodoh seseorang. Seperti juga dalam pergaulan dan persahabatan, maka kecocokqn seseorang terhadap orang lai itu berbeda-beda. Disinilah kelahiran mangsa Kapat yang cocok bila calon jodohnya kelahiran mangsa "Kawolu" (4/5 Februari - 1 Maret). Tetapi ada pula beberapa calon yang termasuk baik baginya ialah kelahiran mangsa "Saddha" (13 Mei - 22 Juni), "Kalima" (14 Oktober - 9 November), "Karo" (3 Agustus - 25 Agustus), "Kasadasa" (27 Maret - 19 April) dan baik juga sesama kelahiran mangsa "Kapat" (19 September - 13 Oktober).

BATU PERMATA

Bagi orang yang terlahir pada mangsa "Kapat" ada beberapa "Batu Permata" yang cocok baginya. Selain indah dan serasi, menurut yang percaya batu permata itu mempunyai khasiat.

1. Batu Opal: Batu permata ini juga disebut Kalimaya, khasiatnya menyembuhkan sakit impoten, sakit mata, dan kekuatan pikiran.

2. Berlian: Termasuk batu mulia, harganya sangat mahal. Khasiatnya dapat menjadi protektor dari serangan black magic, menguatkan tubuh, dan menenteramkan pikiran.

3. Merjan: Batu mulia ini juga disebut coraal, mempunyai khasiat melindungi diri dari serangan flu, batuk pilek, dan sariawan. Juga dapat melindungi anak dari gangguan penyakit, serta mempercepat tumbuhnya gigi.

4. Mirah: Batu ini dalam istilah perbatuan disebut Robijn atau Ruby. Berkhasiat untuk menolak lemah syahwat dan infeksi. Batu-batu mulia dan batu permata itu adalah aksesori sebagai batu cincin, liontin, giwang, dan bros. Pasti saja harganya sangat mahal, tetapi bagi orang kelahiran "KAPAT" hal itu tidak menjadi masalah.

WARNA YANG COCOK

Bukan hanya serasi saja, tetapi mempunyai pengaruh bagi dirinya adalah segala warna Biru, kemudian Merah Anggur.

BUNGA

Bunga-bunga yang serasi dan disukainya adalah bunga Mawar Kemudian bunga Kenanga kuning, bunga Wijaya Kusuma dan Gradiol.

3. Wuku anda adalah Wukir.

Sifat/karakter orang yang lahir pada Wuku tersebut, adalah: Bila perjalanan Wuku Wukir memasuki orbit Mangsa "Kapat", dampaknya terjadilah perubahan dari ketentuan asli pengaruh wuku tersebut. Hal itu besar sekali artinya bagi kehidupan dan penghidupan seseorang, maupun peristiwa- peristiwa alam semesta. Pengaruh Wuku Wukir. Dewa Batara. Mahayekti.

Candra Srigunung. Secara umum terhadap sifat seseorang yand dilahirkan pada Wuku tersebut sopan santun, pandai mengambil hati orang. Sedangkan pengaruh terhadap kehidupannya adalah; hidupnya bahagia. Kemudian akan terjadilah perubahan-perubahan pengaruh kosmis, akibat cahaya Zodiak yang disebut F- korona, yang mempunyai pengaruh kuat sekali terhadap Alam Semesta dari Kehidupan. Pengaruh Mangsa "Kapat" besar sekali terhadap peredaran Wuku pada kehidupan, penghidupan, sifat, dan pengaruh alam semesta. Walaupun wukunya sama, tetapi belum tentu keadaannya akan sama juga. Hal itu dapat terjadi karena pengaruh hari dan pasaran atau weton.
 kitab pimbon jawa dan tafsir mimpi
Mustika Pelet Sesama jenis
Minyak Pelet Sesama Jenis
Jimat Pelet Sesama Jenis
bulu perindu