PRIMBON WETON KELAHIRAN |
|
---|---|
Di dalam kitab Centhini jilid 3 Pupuh 246, dengan tembang Kinanthi, dikisahkan bahwa Ki Wanakarta membeberkan pengetahuan tentang karakter seseorang berdasarkan 'Weton'nya, ke Nurwitri. Weton adalah saat kelahiran seseorang yang berdasarkan penggabungan dari hari-hari Saptawara (tujuh hari) yaitu: Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan hari-hari Pancawara (lima hari) yang terdirir dari: Pon, Wage, Kliwon , Legi, Paing, yang disebut dengan hari Pasaran.Misalkan, seseorang lahir pada hari (Saptawara) Jumat dan hari (Pancawara / Pasar) Pon, maka orang tersebut 'Weton'nya adalah Jumat Pon. Sedangkan Neptu adalah nilai yang diberikan pada hari-hari Saptawara dan pada hari-hari pancawara, dengan perincian sebagai berikut. |
|
Hari-hari Saptawara: Minggu = 5, Senin = 4, Selasa = 3, Rabu = 7, Kamis = 8, Jumat = 6, Sabtu = 9. |
Hari-hari Pancawara: Pon = 7, Wage = 4, Kliwon = 8, Legi = 5, Paing = 9. |
Dengan demikian orang yang memiliki Weton Jumat Pon, seperti yang ditulis di atas, Neptunya adalah 13 (Jumat = 6 dan Pon = 7) Untuk seseorang yang memiliki Weton Jumat Pon, Jumat Wage, Jumat Kliwon, Jumat Legi dan Jumat Paing, menurut Kitab Centhini Pupuh 246, 'Pada' 5 sampai dengan 'Pada' 13 adalah sebagai berikut: |
|
5. Manungsa wirasatipun metu saking wetonneki yen Jumngah Pon wetonira tan sabar kaku kang budi sru wani maring wong tuwa lan nora sinungan sugih (fitur dan karakter manusia yang lahir pada hari Jumat dan pasar Pon, tidak sabar, kaku, keras kepala, berani kepada orang tua dan tidak berlimpah materi) |
|
6. Jumngah Wage wetonnipun yen becik luwih utami yen ala ngluwihi ala granyah nging micareng ngelmi adhemen panggawe ngiwa ton Ajeg pikirireki ('weton' lahir pada hari dan pasar Jumat Wage, kalau baik, baik sekali, tetapi kalau jelek, jelek sekali, ramah dan terampil berbicara . Tidak konsisten, melenceng dari jalan yang telah disepakati) |
|
7. Yen maksih anyar anggunggung yen wus lawas denalani Jumngah Wage pan terkadhang sandhunganne larang siwi nanging sok sinungan donya jinurung rijeki eblis (ketika masih baru dipuji-puji, tetapi kalau sudah lama dijelek-jelekan. Weton Jumat Wage, halangannya, sulit mendapatkan keturunan. Tetapi sering mendapatkan harta dunia yang tidak halal. |
|
8. Jumungah Kliwon puniku pantes yen kinarya rabi pepikiran rada lumrah mring wong tuwa asring bekti nging rada wani wong lanang jinurung sugih rijeki (weton Jumat Kliwon, cepat dijadikan istri, bersahaja, hormat kepada orang tua, tetapi agak berani dengan pasangannya, rejeki berlimpah). |
|
9. Teka pati marang kakung amituhu pituturing maratuwa kang Prayoga lawan betah asesirih sandhunganne wong punika padonne ambuntut-arit (setia kepada pria, taat nasehat orang tua, terus mengurangi-ngurani makan minum, tetapi hambatannya orang tersebut ada kejelekan yang disembunyikan. |
|
10. Jumngah Legi wetonnipun kang pasti laki ping kalih pipikiran ton antepan kenceng ngarep kendho mburi lan takdirira Hyang Sukma kudu laki kaping kalih (weton Jumat legi yang pasti dua kali ganti pria, tidak setia, di depan mantap di belakang kendor. Sudah menjadi takdir dari Tuhan, dua kali menikah) |
|
11. Kang ton kapanggih ing laku pangiwane sok andadi anging karsaning Hyang Suksma lan lakine pegat mati yen ala ngluwihi ala yen becik luwih utami (yang tidak terduga, sering melakukan tindakan yang tak terpuji. Tapi kehendak Tuhan, suaminya cerai mati. Jika jelek sangat jelek, tetapi jika baik, sangat baik) |
|
12. Jumngah Paing wetonnipun imul watake ngaruwit saenan nora prasaja kelire akarya becik ing lair temah isinan dadya imul ton katawis (Weton Jumat Paing, terlihat baik, halus, pemalu, tetapi sesungguhnya tidak punya malu) |
|
13. Arang kang mlempeng puniku kang wus kalebu ing tulis iku padha apilena nging kanthi kalawan takdir yen wus pinasthi jodhonya cumadhong karsa Hyang Widdhi (jarang yang memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang telah ditulis, hendaknya dihafal, tetapi disertai dengan takdir menjadi jodohnya pasrah kepada Tuhan). |
|
sumber: kitab primbon bataljemur adammakna.
|