LEMPUYANG    GAJAH  ( Zingiber zerumbet Sm. )


Sinonim :
Nama latin :
Nama daerah : lempuyang kebo,  lempuyang paek, lempuyang kapur,

Klasifikasi:
Bangsa : Zingiberales
Suku : Zingiberaceae
Marga : Zingiber
Jenis : Zingiber  zerumbet'Sm.

Deskripsi :
Lempuyang  Gajah merupakan tumbuhan semak, yang hidup dalam semusim,tinggi tanaman lempuyang gajah  ± 1 m.tanaman lempuyang gajah memilki Batang yang tegak, semu,serta membentuk rimpang. ujung dan pangkal runcing,  tepi rata,  bentuk lanset, permukaan licin, warna hijau muda, Daun tunggal. Bunga majemuk, tumbuh dari pangkal rimpang, berbentuk  bentuk bongkol,untuk ukuran tangkai panjang ± 1 2 cm,lempuyang gajah memiliki tangkai yang berwarna merah, kelopak lepas satu sama lain, warna merah.  Biji bulat panjang, diameter ± 4 mm, warna hitam. Akar serabut, warna kuning keputih-putihan.

Dengan menggunakan rimpang tanaman ini di kembangbiakan. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.
Kandungan / Sifat Kimia lempuyang gajah : Minyak terbang.
Bagian Tanaman yang digunakan : rimpang
Efek Farmakologi lempuyang gajah : melancarkan sirkulasi darah.

Kahsiat dan manfaat lempuyang gajah :

  1. khasiat lempuyang gajah  untuk mengobati  Sakit  empedu, cara penggunaanya, Rhizoma segar, ditumbuk, peras airnya.
  2. khasiat lempuyang gajah  untuk mengobati  anak yang menderita Sakit perut serta kejang. cara penggunaanya Lempuyang gajah, bengle, kunyit, sunti ditumbuk halus dan letakkon diatas perut, alau direbus don minum airnya.
  3. khasiat lempuyang gajah  untuk mengobati   kurang nafsu makan, Badan sering terasa lemah, cara penggunaanya Rimpang, tambah air yang sudah di beri kapur sedikit, setelah itu di tumbuk  lalu di peras,untuk di  minum hasilperasannya.
  4. khasiat lempuyang gajah  untuk mengobati     Dire dan disentri cara penggunaanya Rimpang, tambah air yang sudah di beri kapur sedikit, setelah itu di tumbuk  lalu di peras,untuk di  minum hasil perasannya.
  5. khasiat lempuyang gajah  untuk mengobati  penyakit kulit, borok. Rimpang, tambah air yang sudah di beri kapur sedikit serta sedikit kemenyan, setelah itu di tumbuk  lalu di peras,untuk di  minum hasil perasannya untuk membersihkan darah.
  6. Kontra  Indikasi: -
  7. toksisitas :-
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa