Pengobatan BEKAM (AL HIJAMAH)

pengobatan bekam
Latar Belakang pengobatan bekam:
Berdasar literature yang banyak di dapat dari buku-buku mengenai pengobatan islami, dapat disimpulkan bahwa pengobatan bekam (cupping) adalah metode pengobatan islami berdasarkan sunnah Nabi Besar Muhammad S.A.W. yang sangat dianjurkan karena efektifitasnya.

Banyak hadits-hadits yang menunjukkan bahwa pengobatan bekam ini adalah pengobatan yang sangat baik dibanding pengobatan-pengobatan lainnya salah satunya seperti tertuang dalam hadits dari Hasan Al-Bashri yang berkata, Rasululloh bersabda, “kalian harus berobat, dan sebaik-aiknya cara pengobatan kalian adalah bekam...”.

(Hadits ini mursal, diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Baihaqi (IX/340). Matan di atas memiliki banyak riwayat pendukung).
Sehubungan dengan pengobatan bekam, sebetulnya banyak hal yang harus dimengerti misalnya waktu pembekaman, titik pembekaman, hal-hal yang berkaitan dengan pantangan dan anjuran dsb. Namun untuk awal dan efektifitas praktek pembekaman saya akan mengajak Bapak-Ibu untuk berani praktek dulu dengan dilandasi pengetahuan yang aman dan tidak beresiko.
Jenis-jenis pengobatan bekam :
  1. pengobatan bekam kering. pengobatan bekam kering adalah pembekaman tanpa melakukan sayatan atau pengeluaran darah.
  2. pengobatan bekam Basah. pengobatan bekam basah adalah pembekaman dengan mengeluarkan darah /sayatan.
pengobatan bekam kering digunakan untuk meringankan rasa sakit di otot khususnya otot punggung, yg disebabkan rematik, masuk angina dsb, sementara bekam basah digunakan pada saat tenaga jantung menurun yang dibarengi endapan carian dalam paru-paru.
Selain bekam dikenal juga dengan nama al-fashdu. Ke duanya mempunyai perbedaan sesuai perbedaan zaman, tempat, usia dan temperamen. 

Di Negara yang beriklim panas, dimana darah penduduknya dapat mencapai titik didih yg tinggi maka bekam lebih bermanfaat dan dianjurkan pada pertengahan bulan dalam hitungan tahun Hijriah dan setelahnya pada seperempat ketiga dari satu bulan tertentu. Mengenai Al fashdu tdk kami bahas karena kami akan membahas mengenai khusus bekam.

Jenis Pengobatan bekam

Bekam kering akan membawa darah keluar dari urat-urat kecil yang menimbulkan bekas luka seperti memar. Hal ini akan mengurangi rasa tegang dan sakit yang terjadi di bawah bagian yang dibekam. Oleh karena itu bekam kering ini berguna untuk meringankan penyakit paru-paru kronis, pembengkakan liver, radang ginjal, radang selaput jantung, radang urat syaraf, wasir, radang sum-sum tulang belakang.

Bekam basah adalah bekam kering yang mendapatkan tambahan perlakuan yaitu darahnya dikeluarkan dengan cara disayat (saat ini dapat menggunakan lancet utk pengetes golongan darah).

bersambung...........
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa