Pengobatan akupuntur


PENGOBATAN AKUPUNKTUR atau yang lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan "tusuk jarum / pengobatan akupuntur" adalah suatu ilmu seni pengobatan yang masuk dalam cabang ilmu pengobatan tradisional. Sebuah teknikterapi penyembuhan yang dilakukan dengan tehnik penusukan pada bagian tubuh tertentu melalui permukaan kulit dengan kedalaman tertentu pula. Sesuai dengan namanya tusuk jarum, maka alat yang digunakan adalah jarum khusus yang terbuat dari logam.

Asal Mula Pengobatan Akupunktur

llmu pengobatan akupunktur telah dikenal sejak ribuan tahun si-lam sekitar 5000 tahun yang lalu. Mulanya pengobatan akupunktur tidak menggunakan jarum seperti yang ada pada saat ini. Kala itu pelaku terapi pengobatan akupunktur masih menggunakan batu yang berbentuk runcing. Baru pada zaman Dinasti cun Ciu, saat biji besi berkembang, penggunaan alat terapi dari batu tergantikan oleh jarum dengan sebutan Cenciu. Sementara kata akupunktur sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu berasal dari kata dan puncture, Acus memiliki makna pengertian jarum, dan Punctura yang memiliki makna pengertian menusuk.

Acuan Dasar Ilmu Pengobatan Akupunktur

Sebagai ilmu pengobatan konvensional yang lahir jauh sebelum ilmu kedokteran modern, sudah pasti aku punktur tidak mengacu pada pengobatan medis modern, la berangkat dari falsafah Tao sekitar 5000 ta hunsi lam. Karenanya cara-cara praktik pengobatan akupunktur berbeda dengan pengobatan kedokteran modern.
Secara garis besar akupunktur menitik-beratkan pada harmonisasi alam semesta. Pada hakikatnya di alam ini selama keseimbangan tetap terjalin maka se-galanya akan berjalan baik. Yin dan Yang itulah pokok aturan yang paling mendasar dalam ilmu pengobatan

Manfaat Ilmu Pengobatan  Akupunktur

tujuan dasar terapi akupunktur adalah untuk mengem-balikan keadaan tubuh yang tidak seimbang yang di-sebabkan oleh dominasi dari salah satu unsur Yin atau Yang. Berdasarkan penelitian yang panjang serta uji klinis yang dilakukan WHO, maka pada tahun 1979 badan kesehatan duniatersebut merekomendasikan43 jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi akupunktur. Selain sebagai pengobatan, ternyata terapi akupunktur terbukti dapat pula dilakukan dengan tujuan untuk peningkatan stamina, kebugaran, dan ke-cantikan.Sebagai pengobatan yang hanya menggunakan jarum, tentunya akupunkutur sama sekali tidak menim-bulkan efek samping atau berdampak negatif. Bahkan pada permukaan kulit yang telah ditusuk jarum nyaris tak membekas.
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa