Ilmu pengobatan akupuntur dan Teknik Penusukan


ilmu pengobatan akupuntur

Pada prinsipnya terapi pengobatan akupunktur hanya dapat dilaku kan oleh tenaga ahli yang kompetensi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi se bagai sebuah panduan terapi pengobatan akupunktur untuk umum tentunya penulis akan menjelaskan teknik penusukan dengan metode yang aman dilakukan oleh orang awam.

Tehnik Pengobatan Akupuntur dalam penusukan

1. sebelum melakukan pengobatan akupuntur ada yang harus di Persiapkan antara lain alat, seperti jarum, kapas, alkohol, timer dan tempat sampah medis.
2. Cuci tangan dengan menggunakan sabun ami1 septik.
3. Basahi kapas dengan alkohol.
4. Olesi permukaan kulit yang akan ditusuk jarum dengan kapas yang telah dibasahi alkohol.
5. Keluarkan jarum dari packing-nya dengan cara menyobek dengan ujung kuku ibu jari. Lalu pegang gagang jarum. Ingat! Jangan menyentuh batang jarum.
6. Tusukan jarum pada titik akupunktur yang dipilih. Untuk meminimalkan rasa sakit saat jarum menembus permukaan kulit, maka sebaiknya dilakukan dengan cepat.
7. Putar timer sesuai lamanya terapi yang diinginkan. Untuk "menguatkan" penusukan dilakukan sela-ma 10 menit. Untuk "melemahkan" penusukan di atas 20 menit.
8. Selama terapi pengobatan akupuntur berlangsung lakukan perang-sangan dengan cara memutar jarum ke kiri dan ke kanan perlahan-lahan atau menggoyangkan jarum.
9. Setelah waktuyang ditentukan tercapai yaitu dengan ditandai berbunyinya timer, cabut jarum perlahan.
10. Usapkan kembali permukaan kulit dengan kapas beralkohol.
11. Tempatkan jarum pada tempat sampah medis. jarum akupunktur hanya dapat digunakan untuk sekali pakai. Ingat! Jangan menggunakan jarum berulang-ulang.


Hal yang Perlu Diperhatikan dalam ilmu pengobatan akupuntur

Meskipun pengobatan akupunktur merupakan teknik pengobatan konvensional yang tidak menimbulkan efek samping, tetapi untuk melakukan terapi tusuk jarum tetap harus mengikuti kaedah-kaedah yang telah ditentukan, Beri-kut ini hal-hal yang wajib dihindari atau keadaan orang yang tidak dapat dilakukan terapi tusuk jarum atau pengobatan akupuntur.
1. Jangan melakukan terapipengobatan akupunktur pada orang dengan perut kosong atau da lam keadaan lapar, dan pada orang yang kekenyangan atau baru selesai makan.

2. Orang yang sedang kelelahan, terlalu letih atau lemah.
3. Wanita hamil.
4. Balita dan anak-anak.
5. Pada bagian kulit yang tidak normal, seperti pe-nyakit kulit, kadas, panu, kurap, kulit memar, adanya pembengkakan atau benjolan, serta luka terbuka.
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa