Anatomi organ menurut ilmu pengobatan akupuntur


ilmu pengobatan akupuntur


SECARAUMUM struktur anatomi tubuh manusia terdiri dari tulang, otot, organ, dan cairan. Sedangkan dalam pandangan ilmu pengobatan akupunktur selain yang telah disebutkan tersebut, ada struktur lain dalam manusia yang juga sangat berperan dalam menentukan kesehatan, yaitu: Jing Luo dan Qi. Untuk lebih jelasnya berikut ini unsur-unsur yang ada pada tubuh manusia dalam pandangan akupunktur.

Organ tubuh menurut ilmu pengobatan akupuntur

Organ tubuh manusia yang dikenal dalam ilmu kedok-teran Timur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dikenal dalam ilmu kedokteran Barat. Namun demikian, ada juga organ yang diakui keberadaannya di tubuh manusia tetapi belum bisa dibuktikan keber-adaan organ tersebut oleh dunia kedokteran modern. Berikut ini organ tubuh manusia yang dikenal dalam ilmu pengobatan akupunktur:
  • Organ Hati menurut ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Rentan terhadap penyebab penyakit luar seperti angin, rentan terhadap penyakit dalam seperti emosi, penentu daya tahan tubuh, meng-atur darah, memengaruhi tendon (urat otot yang dibina atas jaringan ikat rapat), ber-hubungan langsung dengan kandung empedu, fungsi hati dipengaruhi oleh rasa asam dan emosi marah.
  • Organ Jantung menurut ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Pengendali seluruh organ, memengaruhi darah dan pemburuh darah, penentu kecerdasan, ber-Imbungan langsung dengan usus kecil, memengaruhi i.ml wajah, fungsi hati dipengaruhi oleh rasa pahit dan emosi aembira.
  • Organ Limpa menurut ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Mengatur transportasi Darah dan sari pati Makanan, pemelihara Dahan pembentuk energi tubuh, memengaruhi otot, berhubungan langsung dengan lambung, fungsi limpa dipengaruhi oleh kelembaban, rasa manis, dan emosi berpikir.
  • Organ Paru menurut ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Pembentuk qi (energi), memengaruhi darah, pembuluh darah, meridian, pernapasan, suara, keseimbangan cairan, berhubungan langsung dengan usus besar, fungsi paru dipengaruhi oleh rasa pedas, emosi sedih dan kuatir.
  • Organ Ginjal ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Memengaruhi Keseimbangan cairan, sistem reproduksi, kecerdasan, sumsum tulang belakang, otak, gigi, tulang, rambut dan kecekatan bertindak. Berhubungan langsung dengan organ kandung kemih. Fungsi ginjal dipengaruhi oleh rasa asin dan emosi takut.
  • Organ Paricardium (selaput pembungkus jantung) ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Sebagai selaput pelindung jantung, berhubungan langsung dengan organ san jiao.Kandung empedu. Sifat dan fungsinya: Menentukan keberanian, dan memengaruhi tendon. Berhubungan langsung dengan organ hati.
  • Organ Usus kecil ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Memengaruhi keseimbangan cairan. Berhubungan langsung dengan organ jantung.
  • Lambung. Sifat dan fungsinya: Penerima dan pengolah makanan dan minuman, menyalurkan sari makanan ke seluruh organ dengan bantuan limpa. Berhubungan angsung dengan organ limpa.
  • Organ Usus besar ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Sebagai media penampung ampas makanan. Berhubungan lingsung dengan organ paru.
  • Organ Kandung Kemih ilmu pengobatan akupuntur : .  Sifat dan fungsinya: Pengatur keseimbangan cairan tubu Berhubungan langsung dengan organ paru.
  • Organ Kandung Kemih ilmu pengobatan akupuntur : Sifat dan fungsinya: Pengatur keseimbangan cairan tubu Berhubungan langsung dengan organ paru.
  • San Jiao ilmu pengobatan akupuntur : Ini adalah organ hipotesis yang terbagi dalam 3 rongga yaitu rongga atas (dada), rongga tengah (perut) dan longga bawah (pinggang). Sifat dan fungsinya: pembagi zona pada organ tertentu, penghangat organ, mengatur kerja Organ dan keseimbangan cairan tubuh.

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa