Landik Barleria ( lupulina Lindl. )
daun landik
Sinonim :
Nama Latin: -
Nama Daerah : buah landik atau sujen trus

Klasifikasi daun landik:
Bangsa :  Solanales
Suku : Acanthaceae
Marga : Barleria
Jenis  : Barleria lupulina Undl.


Deskripsi Landik :
daun landikLandik merupakan semak, tingginya t 1 m. Daun tunggal, berhadapan, lans&t, tspi rata, ujung runcing, pangkal meruncing, tipis, tulang daun sejajar, tulang daun berwarna kuning atau orcinge,permukaan licin, tangkai daun pendek, pada pangkal tangkai daun terdapat sepasang duri yang kuat dan tajam berwarna merah ungu, warna hijau keunguan. Batang tegak, berkayu, warna hijau kecoklatan. Bunga majemuk, berkumpul dalam rangkaian bulir yang muncul dari ujung batang, warna ungu kekuningan atau kuning emas. Buah betbentuk bulat, warna hijau. Biji becbentuk bulat plpih, warna coklat kehitaman. Akar tunggang, warna purih kotor.

Tanaman ini berasal dari Madagaskar. Tumbuh liar di hutan dan ladang, atau sebagai tanaman hias, tanarnan pagar. Tumbuh baik pada ketinggian sampai 100 m dpi. Cara pengembangbiakannya biasanya menggunakan stek. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Kandungan  / Sifat  Kimia  Landik :

Polifenol, saponin, flavonoid
Bagian Tanaman yang digunakan :
Daun

Efek Farmakolagi Landik: Melancarkan aliran meridian

khasiat dan manfaat Landik :

    daun landik
  1. khasiat landep  untuk mengobati Digigit ular berbisa. cara penggunaanya Daun landik 6 - 10 gr direbus. Pemakaian luar daun dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang sakit.
  2. khasiat landep  untuk mengobati Bengkak terpukul atau terjatuh. cara penggunaanya Daun 6 —10 gr direbus. Pemakaian luar daun dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang sakit.
  3. khasiat landep untuk mengobati Bisul, luka berdarah dan koreng.  cara penggunaanya Daun 6-10 gram digodok. Pemakaian luar daun dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang sakit.
  4. khasiat landep untuk mengobati Rematik. cara penggunaanya Segenggam daun dicuci bersih lalu di haluskan dengan cara di tumbuk.diremas dengan air kapur sirih secukupnya sampai menjadi seperti bubur. Setelah itu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit dengan cara di gosok gosok.
  5. Kontra   Indikasi  : untuk wanita yang sedang Wanita  hamil dilarang  menggunakan ramuan ini.

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa