khasiat kunir putih

Kunir putih ( Curcumo alba L ) 

kunir putih
Sinonim :
Nama Latin :
Curcuma mongga Val.
Nama Daerah:
koneng lalab, temu mangga, temu poh,  koneng joho, temu bajangan,  koneng pare,

Klasifikasi:
Bangsa :   Ztngiberales
Suku : Zingiberaceae
Marga :  Curcuma
Jenis : Curcuma alba L

Deskripsi kunir putih :

kunir putihKunir Putih merupakan semak, tinggi 1 - 2 m. Daun tunggal, tepi rata, ujung dan pangkal meruncing, berpelepah, lonjong,  warna hijau,  pertulangan menyirip. Batang semu, tegak, lunak, batang di dalam tanah membentuk rimpang, warna hijau. Bunga majemuk, muncul di ketiak daun, bentuk tabung, ujung terbelah, benang sari menempel pada mahkota, warna putih. Buah bentuk bulat, warna hijau kekuningan. Biji bentuk bulat, warna coklat. Akar serabut, warna putih.

Biasa nya rimpang digunakan untuk mem Perbanyak tanaman. tanaman ini sangat mudah di pelihara , seperti tanaman tanaman yang lainnya hanya membutuhkan penyiraman air yang cukup atau bisa juga dengan menjaga kelembaban tanah karena taman ini biasa nya lebih menyukai tempat yang teduh dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Kandungan / Sifat Kimia kunir putih :

  • rimpang dan daun : saponin dan polifenol. daun : polifenol.
Bagian Tanaman yang digunakan :
Rimpang

Efek Farmakologi kunir putih:

  • Menghentikan pendarahan, anti inflamasi dan menambah nafsu makan dan anti neoplastik ( merusak pembentukan ribosom pada sel kanker)

khasiat kunir putih :

kunir putih
  • khasiat kunir putih untuk Mengecilkan rahim. Cara penggunaanya, gunakan  Rimpang segar ukuran kurang lebih 100 g dicuci bersih ,lalu diperas,dan di saring. Hasil saringan ramuan tersebut di minum sekaligus.
  • khasiat kunir putih utuk Menambah nafsu makan. Cara penggunaanya, gunakan 25 gram Rimpang kunir putih ditumbuk, tambah air 2 gelas, saring, minum sebanyak 2 x.
  • khasiat kunir putih untuk Menghambat pertumbuhan cancer , radikal bebas atau sel kanker. Cara penggunaanya, gunakan serbuk kunir putih di Minum 3 kali  dalam sehari , dengan dosis ½  sendok teh, ,
  • khasiat kunir putih untuk mengatasi nyeri lambung , Sakit maag. Cara penggunaanya Minum ½  sendok serbuk kunir putih dikonsumsi 3 x sehari , lebih baik di konsumsi sebelum makan.
Kontra Indikasi :
Toksisitas :
Mustika Pelet Sesama jenis
Minyak Pelet Sesama Jenis
Jimat Pelet Sesama Jenis
bulu perindu