Khasiat daun kumis kucing.

Khasiat daun kumis kucing
Kandungan / Sifat Kimia : sapofonin, saponin, garam kalium (0,6 - 3,5 %), myoinositol, Orthosiphon,  glikosida, minyak lemak , zat samak , minyak atsiri.

Tanaman ini  yang sering digunakan biasanya bagian : Daun atau seluruh tanaman (herba)

Efek Farmakologi :
penghancur batu saluran kecing , peluruh air seni (diuretic) , Anti Inf lamasi (anti radang ).

Kegunaan dan khasiat daun kumis kucing  :
    Khasiat daun kumis kucing
  • Untuk mengobati Infeksi kandung kemih dan Batu dalam kandung kemih. Cara menggunakan nya gunakan  5-10 lembar daun kumis kucing, lalu setelah itu direbus dengan 2 gelas air di jadikan setengah gelas air lalu  minum 2 kali sehari.
  • Untuk mengobati Sakit kencing batu. Cara menggunakan nya gunakan  4—7 helai daun kumis kucing,ditambahkan dengan  7  tanaman meniran,lalu seteah itu di rebus dengan dua gelas air hingga tinggal setengahnya,setelah itu minum ramuan ini 3 kali sehari.
  • Untuk mengobati Batu kantung empedu. Cara menggunakan nya gunakan  Segenggam daun kumis kucing, kunyit dengan ukuran ibu jari , daun ungu 7 helai, bawang putih dua siung digiling, ditambah kayumanis sepotong . lalu ramuan tersebut di atas di Rebus dengan menggunakan satu setengah liter air hingga tinggal setengahnya. Untuk membantu mengobati penyakit batu kandung empedu Minum air rebusan tersebut  dua kali dalam sehari.
  • Untuk mengobati asam urat , Encok. Cara menggunakan nya gunakan  daun kumis kucing4-5 helai, tanaman meniran 4-5, ramuan tersebut di atas di Rebus dengan menggunakan satu setengah liter air hingga tinggal setengahnya. Minum ramuan tersebut 3  kali dalam  sehari.
  • Menghilangkan panas dan Iembab  serta masuk angin. Untuk 1 s/d 5, tanaman kumis kucing sebanyak 30-60 gram (kering) atau 90-120 gram (basah) direbus dan minum, atau daun basah/kering diseduh sebagai teh.
  • Bengkak kandung kemih. Kumis kucing, Planto asiatica (daun urat) dan Hedyotis diffusa (rumput lldah ular) semuanya direbus, airnya diminum.
  • Infeksi saluran kencing. sering kencing sedikit-sedikit (anyang-anyangen), Kumis kucing, meniran (Phyllanthus urinaria), Commelina communis, masing-masing 30 gram, direbus.
  • Keputihan, Daun kumis kucing dan beluntas masing-masing 1 genggam, jintan hitam 1 sendok teh dan kemukus 10 biji, direbus dan minum 2 kali sehari.
  • Kontra Indikasi : -
  • Toksisitas ; -

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa