L A D A ( Piper albi Linn. )

tanaman lada
Sinonim :
Nama Latin : Piper nigrum L
Nama Daerah: leudeu pedih, mrica,lada kecik,pedes, saang, sakang, sahang laut
Klasifikasi tanaman lada:
Bangsa : Piperales
Suku :  Piperaceae
Marga : Piper
Jenis : Piper albi Linn.

Deskripsi lada :

tanaman ladaLada merupakan terna. daun bentuknya dari bulat telur sampai lonjong, pangkal daun bundar, tumpul atau berbentuk baji, ujung daun lancip, terdapat bintik-bintik kelenjar yang rapat, warna daun hijau gelap. Batang berkayu, memanjat, panjang sampai 15 m, berakar buku-bukunya, warna hijau tua. Bunga berupa bulir menggantung, berdaun pelindung yang bentuknya lonjong menggalah.

Buah bulat atau agak elip, buah muda berwarna hijau tua kemudian menjadi merah dan akhirnya hitam. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada ketinggian tidak lebih dari 500 m. Tanaman ini menghendaki iklim yang panas dan curah hujan yang tinggi. Tanaman lada membutuhkan curah hujan rata-rata setahun tidak boleh kurang dari 2.300 mm dan rara-rata riap bulan tidak boleh kurang dari 100 mm. Perbanyakan tanaman menggunakan stek dan biji. seperti halnya dengan tanaman yang lainya hanya membutuhkan penyiraman yang cukup. Dan jika lebih baik lagi dengan cara menjaga kelembaban tanah serta di berikan pupuk dasar terlebih dahulu. Tanaman kunyit lebih menyukai tempat yang teduh serta terbuka..
Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup sinar matahari dan sedikit terlindungi.

Kandungan / Sifat Kimia lada ;

tanaman ladaMinyak lada ( berbau phellandren), alkaloida (piperine), minyak lemak, chavisin dan pati. anti piretik, Kamfena, Boron, Calamine, Calamenene, Chavacrol, Chavicine

Bagian Tanaman lada yang digunakan : akar dan biji

Efek Farmakologi lada :
menghangatkan badan, merangsang keluarnya kerlngat,  merangsang semangat, Sebagai penyegar, obat  sesak napas dan peluruh kentut  karminatif.

Efek zat aktif yang terkandung dalam lada : estrogen, mencegah pengeroposan tulang, Boron ; merangsang keluarnya hormon androgen dan Kamfena; merangsang timbulnya kejang. Calamene ; merangsang semangat. Calamenene; merangsang syaraf pusat, Chavacrol; menghambat prostaglandin, , menghilangkan kelelahan , relaksasi otot, penyegar. Chavicine; merangsang semangat.

Khasiat tanaman lada  :

    tanaman lada
  1. khasiat lada untuk mengatasi  Asam urat.cara penggunaanya   dicampur  bersama temulawak,sambiloto, komfrey, dan lada.
  2. khasiat lada untuk mengatasi  Sakit kepala.    cara penggunaanya   dicampur  bersama jahe dan bahan lain.
  3. khasiat lada untuk mengatasi  Sebagai karminatif.  cara penggunaanya  diseduh menggunakan air panas  dengan Dosis 300 mg — 600 mg, lalu di minum.
  4. khasiat lada untuk sebagai Campuran obat.
  5. khasiat lada bisa juga digunakan untuk Mengusir serangga. serangga-serangga akan pergi apabila  Daun lada kering ditaruh di lemari.
  6. Kontra Indikasl : -
  7. Toksisitas : -

 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa