Home » » khasiat dan manfaat kunyit

khasiat dan manfaat kunyit

Written By joko mulyono on Sabtu, 19 Januari 2013 | 2:38:00 PM

K U N Y I T ( Curcuma longa Linn. )

khasiat kunyit
Klasifikasi :
Bangsa :   Zingiberales
Suku :   Zingiberaceae
Marga :   Foenkulum
Jenis :   Foenicufum vulgareMill.

Deskripsi  kunyit :

Kunyit merupakan terna, tingginya sekitar 70 cm. Tanaman ini mempunyai daun tunggal, berjumlah 3-8. helai, tangkai daun berpelepah, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, daun berbentuk lanset lebar, tulang daun menyirip, warna hijau pucat.Batang merupakan batang semu yang dibentuk oleh pelapah-pelapah daun, batang sebenarnya membentuk rimpang yang berwarna jingga dan bercabang-cabang. Bunga terminalis, gagang berbulu, bersisik, warna putih atau kuning muda. Rimpang terdiri dari rimpang induk dan anak rimpang. Rimpang induk berbentuk bulat telur sedangkan anak rimpang letaknya lateral dan bentuknya seperti jari (tabung).warna Rimpang warna kuning jingga, sampai warna kuning jingga kecoklatan.

Kunyit merupakan sebuah tanaman yang sering di jumpai di daerah wilayah Cina Selatan, Asia Selatan, Filipina, Taiwan dan Indonesia. Kunyit dapat Tumbuh dengan baik sampai ketinggian 2000 m dpl, biasanya kunyit  tumbuh liar di hutan jati atau ditanam di pekarangan dan juga dibudidayakan.

Dengan menggunakan rimpang Kunyit di kembangbiakan . Pemeliharaan tanaman ini terbilang sangat mudah, seperti halanya dengan tanaman yang lainya hanya membutuhkan penyiraman yang cukup. Dan jika lebih baik lagi dengan cara menjaga kelembaban tanah serta di berikan pupuk dasarterlebih dahulu. Tanaman kunyit lebih menyukai tempat yang teduh serta terbuka.

Kandungan sifat kimia kunyit  : 

khasiat kunyitminyak atsiri 3-5 % (turmerone, zingiberine, phellandrene, sesquiterpene alkohol dan borneol), kurkumin, desmetoksikurkumin, bidesmetoksikurkumin,  pati, tanin, damar.

Bagian Tanaman
kunyit yang digunakan :  Rimpang

Efek Fitofarmaka dari
kunyit :
anti radang (anti inflamasi), peluruh haid (emenagog), peluruh kentut, melancarkan darah, menghilangkan sumbatan, anti  bakteri memperlancar pengeluaran empedu (kolagogum), adstringent, membantu memperlancar persalinan.

Khasiat dan manfaat
kunyit :

    khasiat kunyit
  • khasiat kunyit untuk mengatasi Demam. cara penggunaannya gunakan;  20 gr  Rimpang segar dicuci lalu diparut. lalu diaduk  merata dengan ½  gelas air matang, peras dengan sepotong kain. Air perasannya diminum sehari dua kali, pada waktu pagi serta sore hari.
  • khasiat kunyit untuk mengatasi Dispepsia (perut kembung, nyeri, mual, tidak nafsu makan). 50 gr  Rimpang segar , dibersihkan lalu diparut. Di Tambahkan  dengan 3 sendok  makan air, setelah itu di aduk hingga merata lalu diperas dan disaring, diminum sehari tiga kali dalam sehari,
  • khasiat kunyit bisa juga untuk mengatasi  Terlambat haid.  cara penggunaannya pembuatannya ;  15 gr Rimpang dari kunyit dan 15 gr daun sri gading , biji pala dan kapulaga 10 g , 5 gr ketumbar, 5 gr jinten hitam dan 5 gr cengkeh, potong bahan bahan tersebut seperluanya lalu di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu di saring, dan di bagi tiga gelas untuk tiga kali minum.
  • khasiat kunyit untuk mengatasi Eksim. cara penggunaannya pembuatannya ;  Rimpang kunyit sebesar ibu jari yang sudah tua, diparut. Tambahkan air kapur sirih ukuran satu sendok teh dan 1 buah jeruk nipis di peras airnya  , di aduk sampai benar benar merata,setelah itu bisa di oleskan pada bagian tubuh yang sakit.
  • khasiat kunyit untuk mengatasi  Keputihan. cara penggunaannya pembuatannya ;  sebesar ibu jari Kunyit  yang cukup tua dikupas dan diparut. Tambahkan ½ cangkir larutan gula jawa dan air asam,lalu di  aduk kesemua bahan tersebut sampai benar benar merata. dengan sepotong kain Peras campuran ramuan tersebut lalu di  minum. Minum ramuan tersebut setiap hari.
  • khasiat kunyit untuk mengatasi hepatitis, sakit kuning , radang usus buntu , dan Radang rahim. cara penggunaannya pembuatannya ;  ½  jari Rimpang kunyit , cuci, parut. Tambahkan air 2 sendok makan dan madu 1 sendok makan. Peras, saring, minum 3 kali sehari.
  • khasiat kunyit untuk mengatasi  Gatal akibat cacar air. cara penggunaannya pembuatannya ;   sepotong rimpang kunyit  dan segenggam daun asam. Cuci sampai bersih lalu di haluskan dengan di tumbuk sampai benar benar  halus atau meyerupai bubur . cara penggunaanya cukup oleskan pada bagian tubuh yang gatal.
  • khasiat kunyit untuk mengatasi  Radang gusi. cara penggunaannya pembuatannya ;    Tiga potong gambir dan ½  jari rimpang kunyit dicuci lalu diiris tipis-tipis. Ditambahkan dengan 2 gelas air lalu di Rebus, sampai tersisa satu gelas.lalu gunakan ramuan tersebut untuk di kumur kumur, lakukan 3 – 4 kali dlam sehari. 
  • khasiat kunyit untuk mengatasi  Radang amandel. cara penggunaannya pembuatannya ; ½  jari rimpang kunyit dicuci bersi lalu diparut,lalu di tambahkan  2 sendok makan air.ramuan tersebut di  Aduk sampai benar benar merata setelah itu peras airnya. Tambahkan  1 butir kuning telor ayam pada perasan air tersebut  dan sedikit air kapur sirih. Lalu di minum tapi sebelumnya dikocok terlebih dahulu sampai benar banar merata. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari
  • khasiat kunyit untuk mengatasi  Tekanan darah tinggi. cara penggunaannya pembuatannya ; ½  jari rimpang kunyit, diparut, tambahkan madu dengan ukuran 1 sendok makan, lalu di aduk dan di peras airnya lalu  diminum. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar



 
Support : Ilmu Pelet | Ilmu Gendam | Ilmu Pengasihan
Copyright © 2010. master ilmu pelet dan ilmu gendam
Template Modified by SUKMA
Proudly powered by Blogger