Daun  KUMIS   KUCING 

daun kumis kucingSinonim :
  • Nama Latin : ( Orthosiphon aristatus ) Orthosiphon grandiflorus Bold, Orthosiphon longiflorum, stamineus Benth , atau Orthosiphon.
  • Nama Daerah : remujung, sesalaseyan dan soengot koceng
  • Klasifikasi:   
Bangsa ; Labiales
Suku ; Labiatae atau Lamiaceae
Marga ; Orthosiphon
Jenis ; Orthosiphon aristatus (B1.) Miq

  • Deskripsi daun kumis kucing :
daun kumis kucing
Kumis kucing merupakan terna, tumbuh tegak, tinggi mencapai 2 m. Daun berbentuk bulat telur atau agak belah ketupat, kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang sangat banyak. Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul, bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya. Bunga berupa tandan, keluar dari ujung cabang, ditutupi oleh bulu pendek berwarna. ungu dan yang kemudian menjadi putih. Kelopak bunga berkelen|ar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota berwarna ungu pucat atau putih, dibagian atas ditutupi oleh bulu pendek yang berwarna ungu atau putih. Benang sari lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berarna coklat gelap. 

  • Tanaman ini tumbuh di dataran rendah dan daerah ketinggian sedang. Dapat ditemukan di Indonesia, Asia Tengah, Cina, kepulauan Pasifik dan Australia.
  • Untuk mengembangbiakan  tanaman biasanya biasanya dengan menggunakan stek batang atau stump. Untuk stek sekurangnya punya 3 mata tunas dan Stek digunakan batang tanaman yang berkayu sepanjang \ 5 - 25 cm atau. penanaman stek dengan membuang daun yang ada dan memasukkan sepertiga tanaman ke dalam tanah Sedangkan stump diperoleh dengan mencabut tumbuhan liar dan dipindahkan ke tempat budidaya. 

khasiat daun kumis kucing.
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa