ramuan batuk rejan | obat herbal batuk rejan

Ramuan Batuk rejan

batuk rejan
Lalu, apa yang dimaksud dengan batuk rejan dan seperti apakah gejalanya?
Batuk rejan adalah jenis batuk kering yang sering menyerang pada anak. Penyakit batuk rejan ini mudah penularanya, terutama pada anak anak yang masih balita. Penularan bisa terjadi melalui muntahan si penderita, batuk, dan bersin.
Sama dengan batuk, penyebab batuk rejan pun bisa dipicu oleh pengaruh terlalu banyak memakan makananan yang banyak mengandung minyak dan udara digin. Penyakit batuk rejan ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut.
Biasanya batuk datang secara tiba-tiba dan terjadi pada malam atau pagi hari yang dingin. Penderita akan terbatuk-batuk selama beberapa menit dengan rasa gatal yang berat ditenggorokan. Biasanya disertai dengan muntah dan keluarnya dahak yang pekat. Ketika serangan terjadi, wajah penderita tampak berwarna merah kebiruan, urat lehemya menegang, dan matanya berair.
Bahan-bahan tradisional apa sajakah yang dibutuhkan untuk mengobati batuk rejan dan bagaimana cara meramunya?
Ada dua jenis ramuan yang terbukti ampuh untuk mengatasi gejala penyakit batuk rejan.
Untuk lebih komplitnya, simak uraian mengenai bahan baku dan cara meramunya berikut ini.

Ramuan I Bahan-bahan:
  • Sepertiga genggam daun semanggi. 
  • Cara membuat:
    • Cuci daun semanggi sampai bersih. Kemudian rebus ke dalam 13 liter air. Biarkan airnya hingga tersisa seperempatnya. Saring dan taburkan gula secukupnya. Minum sebanyak dua kali sehari dengan dosis dua gelas (60 cc) sekali minum. Ramuan II Bahan-bahan: Empat kuntum kembang telang, delapan belas daun kembang telang, setengah sendok teh adas, setengah jari pulosari, dan satu siung bawang merah. Cara membuat: Cuci bersih semua bahan tersebut. Selanjutnya tumbuk sampai halus. Masukkan kedalam tiga perempat cangkir air masak yang hangat. Campurkan satu sendok makan madu lalu peras dan saring. Minumlah sebanyak dua kali sehari dengan dosis dua sendok makan sekali minum. 
    bersambung....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ramuan batuk rejan | obat herbal batuk rejan"

Poskan Komentar