UNTUNG dan RUGINYA MENGGUNAKAN lima UNSUR RASA

jamu lima unsur

Untuk menggunakan unsur 5 (lima) rasa memang baik, tetapi ada untung dan ruginya. Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai untungnya dan demikian pula ruginya.
  • PEDAS : Dapat melancarkan Qi (bio energi) dan darah yang terhambat. tctapi rasa pedas sifat mcrangsangnya kuat / keras, dapat mengakibatkan ekses QI paru-paru, anus juga menjadi panas, maka scmua penderita yang ada hubungannya dengan anus/Wasir, tukak lambung atau usus 12 jari, sembelit, radang saluran kencing, radang tenggorokan tidak boleh makan pedas. 
  • ASAM Dapat meningkatkan fungsi hati namun efeknya dapat menimbulkan kacaunya fungsi pencemaan bagi penderita yang terlalu banyak asam lambung, radang sendi/pcrsendian dan kemunduran fungsi ginjal, pcndcrita tcrscbut tidak boleh makan makanan yang merasa asam. 
  • PAHIT Rasa pahit ini dapat menghilangkan rasa/kering dan dapat melancarkan air seni, tctapi bagi yang defisiensi limpa atau sembelit jangan banyak makan dan minum minuman yang rasanya pahit, bila tidak mengindahkan larangan tersebut akan menimbulkan muntah/mual atau pcnyakityang lain. 
  • MANIS : Orang yang sering makan makanan/minuman yang rasanya mams dapat menjadi tonic qi darah, mengendurkan otot yang tegang juga dapat digunakan untuk membersihkan toksin. Namun jika kebanyakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah dan juga kolesterol dalam darah yang mengakibatkan tubuh menjadi menjadi gemuk/nggamber (kendor). Maka bagi orang yang sudah gemuk/lebih lebih kalau sudah mengidap D. M masalah manis harus diatur. 
  • ASIN Asam adalah bagian tubuh manusia/cairan dalam tubuh manusia yang tak dapat dihilangkan, karena mcmpunyai si fat dapat melunakkan benjolan yang bcrsifat asam dalam tubuh. Tetapi bila kita terlalu banyak mengkonsumsi rasa asin melebihi volume maka akan memberatkan beban organ jantung dan organ ginjal dan memberatkan gejala hypertensi. 
Dengan demikian untuk mengkonsumsi 5 (lima) rasa diperlukan sekali aturan yang berhubungan dengan penyakit dan organ-organ tubuh yang akan terkena akibatnya. Begitu pula kalau kita akan meramii jamu harus hati-hati/menanyakan pasien (anamese) nya harus jelas. Agar tidak ada efek sampingan.

bersambung...
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa