PENCEGAHAN PENYAKIT

 
jamu lima unsur

Kesehatan tercapai bilamana keseimbangan YIN YANG dalam tubuh dapat dipertahankan ,terhadap keadaan YIN YANG lingkungan dimana berada.

Sebuah patokan ilmu pencegahan penyakit dalam ilmu kedokteran China umumnya dan ilmu Akupunktur khususnya.

Terhadap lingkungan tubuh kita dapat menentangnya. sebagai pribadi untukmempertahankan keseimbangan YIN YANG nya manusia harus menyesuaikan diri. Penyesuaian dicapai dengan cara:
  1. Memperkuat keseimbangan YIN YANG tubuh: Dalam hal ini harus diperhatikan cara hidup yang teratur, mulai dan kerja -istirahat - tidur, makan minum sampai dengan kehidupan sexsual tidak berlebihan, baik kwantitas maupun kwalitas. Olahraga adalah penting untuk memperkuat QI dan memperkuat ketahanan keseimbangan YIN YANG. 
  2. Pemeliharaan kebersihan lingkungan: Kebersihan demi untuk pencegahan faktor penyebab penyakit luar (penyakit menular). 
  3. Penyesuaian terhadap hawa udara/iklim: Ketebalan pakaian yang disesuaikan dengan hawa udara/iklim, serta cara hidup yang menghindari faktor penyebab penyakit luar angin, panas, kering, dingin dan api. 
  4. Penyesuaian dalam pergaulan sesama manusia dalam masyarakat: Adanya penyesuaian dalam pergaulan hidup sesama manusia dalam masyarakat membutuhkan si fat tidak egoistik dan menerima. Kekuatan mental: terhadap kekecewaan harus dapat menguasai atau menyalurkan. Keseluruhan tindakan adalah demi untuk mencegah penyebab penyakit dalam: Emosi. 
Pencegahan penyakit yang tersebut diatas adalah yang utama, yaitu mencegah Sebelum sakit. Bilamana telah sakit maka tindakan pencegahan penyakit ditujukan untuk menghindari komplikasi dan mempercepat kesembuhan. Tindakan pencegahan penyakit dalam sakit dibagi dalam 2 bagian:
  1. Perawatan phisik dan mental yang baik. Dalam hal ini termasuk soal makan-minum yang terlarang atau tidak 
  2. Teori pencegahan komplikasi menurut pergerakan lima unsur: 
Misalnya mengahadapi suatu penyakit hiperaktif fungsi hati (YANG SH hati) maka tindakan pencegahan komplikasi dilakukan terhadap: Tanah (limpa-lambung) diperkuat untuk mencegah kayu merusak tanah.
 Juga memperkuat logam (paru-paru-usus besar) untuk menghindari pcnghinaan kayu terhadap logam.
Disamping itu juga terhadap api dan air perlu diperkuat untuk menghindari ibu sakit-anak sakit atau anak sakit-ibu sakit pula.

bersambung......
cara membuat jamu lima unsur
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa