HUKUM PERGERAKAN LIMA UNSUR

Setelah mengenal penggolongan sejenis U SING, tentang unsur, organ, rasa dan bahan naturalnya dan Iain-lain. Mari kita menengok ke belakang untuk memahami hubungan Lima Unsur itu bagaimana, karena hal yang akan kita bahas ini merupakan salah satu kunci dari cara penyembuhan dan cara meramu jamu yang benar, yaitu teori pergerakan lima unsur. 

HUKUM-HUKUM PERGERAKAN 5 UNSUR 

Hukum Lima Unsur,  Hubungan Menghidupi
Hubungan Menghidupi Kayu menghidupi Api, Tanah menghidupi Logam , Air menghidupi Kayu, Logam menghidupi Air, Api menghidupi Tanah. 
Contoh: Hubungan menghidupi
Secara falsafah alamiah seperti tersebut diatas (lihat gambar 1). Disini perlu dijelaskan secara logikanya : Mengapa kayu menghidupi Api ?
  • Karena dengan timbulnya gesekan-gesekan pada Kayu (hutan Kayu Putih) akan menimbulkan percikan api. Mengapa Api menghidupi Tanah ? Karena adanya kebakaran akan menghasilkan abu, disini jelas abu akan menghidupi (menyuburkan tanah). Mengapa Tanah menghidupi Logam ? Karena tanah yang baik akan menghasilkan logam (emas, perak, dan sebagainya), tak mungkin tanah yang tandus/gersang akan menghasilkan logam. Mengapa Logam menghidupi Air ? Karena dimana saja bila di suatu tempat terdapat kandungan logam, disana pasti akan timbul mata air. Mengapa Air menghidupi Kayu ? Jelas sekali tiada pepohonan yang bisa hidup subur, tanpa adanya air.
trimakasih Telah membaca sedikitt materi yang saya paparkan.

ustadz. maulana.

Master Gendam Indonesia 

Jamu lima unsur

Bersambung..
 
Top
Assalamu'alaikum wr,wb. Progam Pelatihan Ilmu Gendam Saat Ini Bisa Di Ikuti Secara Jarak jauh Siapapun Anda Di Jamin Pasti Bisa