Home » » pengobatan akupresure

pengobatan akupresure

Written By joko mulyono on Kamis, 26 Juli 2012 | 9:34:00 PM

Pengobatan Akupresure

pengobatan akupressureSejarah dan Teori pengobatan akupresure
Acupressure berasal dari bahasa yunani.
dari kata accus & pressure yang memiliki arti tusuk tekan.
sedangkan kalo cara pengobatan nya menggunakan jarum di namakan akupunktur.

Dari pengertian di atas kita bisa menyimpulkan pengobatan Akupresure adalah sebuah seni pengobatan dengan menggunakan pijatan atau tekanan yang berfungsi untuk memberikan rangsangan stimulasi  di wilayah  titik-titik akupunktur tanpa menggunakan jarum. Dengan demikian titik pengobatan akupresure sama persis dengan titik pengobatan akupuntur. Untuk mempelajari titik akupresure dengan baik dan benar anda bisa mempelajari titik titik akupuntur.

falsafah pengobatan akupresure

Pengobatan akupresure memiliki falsafah Taoisme yg menyatakan setiap mahluk di alam semesta ini  teramsuk manusia memiliki dua unsur yang terdiri dari unsure Yin dan unsur Yang.  Jika kedua unsur tersebut yin dan yang dalam keadaan seimbang maka dengan otomatis manusia dalam keadaan sehat.

Unsur  Yin di dalam tubuh manusia di wakili oleh bagian dalam , wanita, dada, perut organ padat,penyakit kronis, tenang, dingin, lembab,lemah, pucat, gerakan nadi lambat,lemah, dan tenggelam, selaput lidah berwarna putih,otot lidah menjadi layu,mudah basah,gemuk dan perjalanan penyakitnya bersifat regresif.

Unsur  Yang di dalam tubuh manusia bagian luar seperti punggung, pinggul, cairan bersih, organ berongga. Yang memiliki sifat laki-laki, sifat  penyakit akut, penderita selalu merasa gelisah, tubuh terasa panas dan terlihat kering, gerakan nadi kuat mengapung cepat, otot  terasa lidah kaku, selaput lidah berwarna kuning kotor, perjalanan penyakit progresif.

Didalam ilmu pengobatan akupresure Organ tubuh manusia yang memiliki sifat Yin adalah:
  1. organ Paru-paru
  2. organ Limpa
  3. organ jantung dan selaput jantung
  4. organ Ginjal
  5. organ Hati
    • untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi daya guna organ menurut ilmu pengobatan akupressure anda bisa mengeklik setiap bagian organ di atas.
    Didalam ilmu pengobatan akupresure Organ tubuh yang bersifat Yang adalah:
    1. organ usus besar
    2. organ Lambung
    3. organ Usus kecil
    4. organ Kandung kemih
    5. organ Tri pemanas
    6. organ Kantung Empedu.
      • untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi daya guna organ menurut ilmu pengobatan akupressure anda bisa mengeklik setiap bagian organ di atas.
    Organ Yin dan Yang ini merupakan organ pasangan atau jodoh  artinya kedua organ tersebut memiliki keterkaitan hubungan dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain nya. Sebagai  contoh organ yin paru paru berpasangan dengan organ usus besar ( yang ).

    Meredien:
    Meridian merupakan suatu jaringan yang ada di dalam tubuh manusia yang membujur dan melintang serta menyerupai jala yang berhubungan dengan organ jaringan  penunjang panca indra dan bagian tubuh tertentu lain nya. Di dalam meridian iniilah mengalir energy meridian, smentara meridian itu sendiri bersifat maya. Di dalam ilmu pengobatan akupresure meredia memiliki fungsi peranan penting di antara nya :
    • Sebagai penghubung bagian luar dengan bagian dalam, menghubungkan bagian kiri dengan bagian kanan, bagian atas dengan bagiam bawah.
    • Sebagai penghubung jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya, dan juga penghubung dengan organ organ penunjang lain nya.
    • Jaringan penghubung bolak balik dari dalam keluar untuk mendeteksi penyakit dan juga cara penangananya,
    Di dalam ilmuakupunktur terdapat 12 meredian umum , dan 8 meredian istimewa. Namun yang sering di gunakan dalam ilmu pengobatan akupresure yakni 12 meredian umum dan 2 meredian istimewa. Berikut ini kami akan menjelaskan 12 meredian umumdan dua meridian istimewa  yang sering di gunakan dalam pengobatan akupresure : 
    1. meredien paru-paru.
    2. meredien Usus besar
    3. meredien Lambung
    4. meredien Limpa.
    5. meredien Jantung.
    6. meredien Usus kecil.
    7. meredien Kandung kemih.
    8. meredien Ginjal.
    9. meredien Selaput jantung.
    10. meredien Tri pemanas.
    11. meredien Kantung empedu.
    12. meredien. Hati.
    Meredien istimewa yaitu:
    1. Meredien Tu
    2. meredien Ren
    informasi lengkap mengenai meredian di atas silahkan anda klik perbagian.

    Mohon di pelajari secara bertahap.
    Hormat Kami
      Share this article :

      0 komentar:

      Poskan Komentar



       
      Support : Ilmu Pelet | Ilmu Gendam | Ilmu Pengasihan
      Copyright © 2010. master ilmu pelet dan ilmu gendam
      Template Modified by SUKMA
      Proudly powered by Blogger