Selasa, 03 Juli 2012

Manfaat Bukhur serta jenis jenis nya

Manfaat Bukhur serta jenis jenis nya

Sekarang ini walaupun sudah memasuki era modern, namun tidak sedikit diantara kita, dalam mengatasi sebuah problem yang di anggap sulit menggunakan suatu trobosan, di antaranya dengan menggunakan ke ilmuan hikmah atau ilmu kebatinan, dan mereka juga melakukan nya dengan cara dan metode yang berbeda beda, tergantung dari keyakinannya serta pemahaman nya serta teori dari seorang guru hikmah, yang memiliki tujuan untuk mencari sebuah solusi yang yang membebani kehidupannya.

Dalam ilmu hikmah atau ke ilmuan spiritual penggunaan minyak,  bukhur ataupun  dupa sudah di bilang menjadi kebutuhan utama, ibarat masakan media tersebut di atas seperti sebuah garan dalam masakan, yakni seperti penyedap dalam sebuah hidangan, maka tidak jarang media sperti bukhur magribi, bukhur sultan ,bukhur sulaiman, apel jin , minyak poniba salwa, dll,sering kali di butuhkan dalam ritual ilmu hikmah.

Cara seprti ini sudah di perkenalkan oleh para ahlul hikmah dan para ahlul ghaib sejak zaman dahulu kala, bahkan mereka juga seringkali membeberkan tentang manfaat dan kegunaan dari setiap media yang di guna kan, ini semua ini mereka lalkukan sebagai sarana berkomunikasi dengan dimensi astral, tapi dari ke banyakan ahlul hikmah menggunakan media wewangian atau bukhur. Salah satu cara yang di maksud yakni dengan menggunakan media sarana wewangian atau menggunakan "bukhur", yang memamang cara ini di anggap mampu digunakan sebagai sara untuk bisa melakukan kominikasi dengan dinia astral. Cara-cara seperti ini sudah dituliskan pada kitab hikmah seperti man ba’a usulul hikmah karangan Imam Ali Al buny.

Berikut ini akan kami ulas tentang macam Bukhur yang sering digunakan dalam media spiritual.

BUkHUR MAGHRIBI.

Bukhur Maghribi ini bahan dasarnya dibuat  dari kayu gaharu dan kayu cendana yang sebelumnya diolah dan dihaluskan dengan minyak khusus terlebih dahulu, Bukhur Maghribi ini memiliki cirikhas warna hitam legam serta  agak sedikit basah, dan apabila kita bakar biasanya asapnya akan keluar warna putih kehijauan dengan aroma yang khas sekali tercium sangat menyengat. Jika kita ingin  mengetahui kadar kualitasnya  dengan menggunkan cara,menggosok gosokan bukhur pada telapak tangan jika tangan kita berminyak dan mengeluarkan bercak noda berwarna kecoklatan, maka bukhur itu memiliki kualitas yang baik .

APEL JIN.

APEL JIN. bahan dasarnya dibuat  dari ampas madu lebah yang telah dicampur dengan menggunakan minyak khusus,biasa nya apel jin ini memiliki cirikhas  warnanya yang hitam bercampur putih kekuningan,dan apabila  terbakar  akan mengeluarkan aroma wangi yang lembut serta  menyebar, dan dari asapnya akan tampak bewarna hitam keputihan.biasa nya secara umum untuk mengetahui kadar kualitasnya yakni dengan cara dipegang, apabila terasa lengket dan sulit dilepaskan, dan apabila kita tekan terasa lembek, tidak mudah patah, dan apabila menempel pada pakaian sulit dihilangkan.

BUKHUR JAFARON.

Biasa BUKHUR JAFARON Terbuat dari pohon salwa yang telah dikeringkan terlebih dahulu,lalu  kemudian daunnya ditumbuk untuk diambil  getah yang bewarna merah, dari getahnya ini mengeluarkan  aromakhas wewangian yang alami, "bukhur  Jafaron" banyak diracik di daerah timur tengah seperti yaman, turki,dan arabsaudi, dikarenakan pohon salwa hanya bisa tumbuh diwilayah jazirah arab.





BUKHUR MALIK.

biasanya BUKHUR MALIK Terbuat dari kayu stinggi serta daun sirih yang sebelumnya telah dihaluskan terlebih dahulu  dengan campuran minyak cendana merah, dari bentuk berwarna hitam kemerahan.dan apaBila dibakar asapnya berwarna putih kehitaman dan apabila dipegang  bukhur terasa dingin.




BUKHUR SULTHON.

BUKHUR SULTHON bahan dasarnya Terbuat dari kulit pohon kayu cendana yang sebelumnya telah dicampur dengan serbuk kemenyan arab,biasanya bhukur sulthon memiliki ciri khas  bentuk warnanya hitam keputihan. Dari  aroma wanginya bila dibakar akan tercium bau  khas kemenyan dan mudah dikenali.




BUKHUR AL YAMANI.

BUKHUR AL YAMANI dari namanya kita sudah sudah pasti tau dari mana Bukhur ini berasal yakni  dari negara Yaman,bahan dasar  "BUKHUR AL YAMANI" terbuat dari tujuh getah pohon yang berbeda, dari bentuk nya berwarna  hitam dan mengandung butiran kristal merah.apabila dibakar mengeluarkan aroma  yang sangat lembut , biasanya apabila kita menghirup aroma bukhur ini terasa ingin bersin,batuk dan gatal ditenggorokan.

 

BUKHUR SALWA.

biasanya BUKHUR SALWA Terbuat dari kayu salwa yang telah dicampur dengan menggunakan minyak cendana merah, dari bentuknya berwarna  merah dan ada juga yang berwarna hitam.apabila bukhur ini dipegang dengan menggunakan tangan biasanya akan meninggalkan warna yang membekas. 






BUKHUR FATHUL JIN.

BUKHUR FATHUL JIN dari bentuknya berWarna putih dan berbentuk kristal. ApaBila dibakar akan mengeluarkan asap yang lumayan banyak, dan berwarna putih bersih. Untuk membuktikan kualitas dari bukhur tersebut kita masukan  butiran butiran kristal bukhur kedalam segelas air putih, apabila bitiran tadi menyatu  dengan warna air dan tidak kelihatan, maka kualitasnya sangat bagus.

 

BUKHUR AMBAR.

biasanya " BUKHUR AMBAR" Terbuat dari serutan serutan pohon kurma ambar yang telah dicampur dengan menggunakan minyak zaitun serta beberapa jenis minyak khusus lainnya. Biasa dari cirikas bentuknya berwarna  merah muda serta agak kering, biasanya apabila dibakar mengelurkan sedikit asap dan mengeluarkan aroma lembut.



Demikian pemaparan mengenai beberapa jenis bukhur yang seringkali digunakan sebagai media laku spiritual,untuk itu kenali terlebih dahulu jenis  bukhur yang akan dibutuhkan, agar dapat memberikan efek yang cukup bagus,
Semua hanya akan terjadi semata mata karena ijin, tolong dan karunia Allah SWT.

Penulis .Ustadz.maulana Abdurohman al-anshor / nurulhikmahoke.blogspot.com
kami menyediakan berbagaimacam bukhur untuk piranti media spritual.

jika anda berminat silahkan hubungi nomer 02197792639.

Kami menyediakan bermacam macam jenis bukhur dengan harga bersaing.
Alamat : Jalan pertanian utara rt 01 rw 01 nomer 53. klender duren sawit - jakarta timur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...