Rabu, 05 Oktober 2011

HIPERVENTILASI

HIPERVENTILASI
Manusia hidup dengan bernapas selain itu napas juga merupakan kunci kesadaran klien. Manusia yang kekurangan oksigen dalam tubuhnya bisa mengalami sesak napas atau bahkan pingsan, sebaliknya oksigen dalam takaran yang pas dalam tubuh manusia bisa menunjang aktivitas manusia sehari-hari.
Teknik Pernapasan dalam induksi yang sedang anda pelajari berikut ini membuat klien mengalami hyperventilasi (pasokan udara berlebih dalam tubuh) sehingga menyebabkan penurunan tingkat gelombang otak dengan aman dan relatif cepat. Teknik ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Napas Cepat dan Napas Lambat.
Teknik Napas Cepat di pakai kepada klien yang masih muda, kuat dan bebas dari masalah pernapasan atau jantung sedangkan Teknik Pernapasan Lambat bisa dipakai untuk semua usia termasuk manula. Teknik ini aman dilakukan antara 20 - 40 hitungan.
Posisi klien duduk atau berdiri. Jelaskan dan beri contoh langkah-langkah di bawah ini kepada klien sebelum anda mulai mempraktikkannya.
* Klien memandang telapak tangan hypnotist yang sejajar dengan pandangan klien dan mengikuti gerakan tangan hypnotist dengan mata dan kepalanya.
* Tangan hypnotist bergerak naik (di atas ubun-ubun klien) tahan sebentar lalu bergerak turun (lihat gambar). Ulangi terus gerakan ini.
* Klien menarik napas dari hidung setiap kali tangan hypnotist bergerak naik.
* Klien membuang napas lewat mulut setiap kali tangan hypnotist bergerak turun.
* Kecepatan tarikan dan hembusan napas klien menyesuaikan gerakan hypnotist.
* Hypnotist menghitung pernapasan klien (sekali tangan hypnotist bergerak naik dan turun adalah satu hitungan).
Setelah klien paham mulailah mempraktikkan teknik di atas hingga mencapai hitungan yang membuat mata klien terlihat sangat mengantuk. Ketika mata klien sudah terlihat sangat mengantuk, anda bisa meneruskan teknik ini dengan cara menutup kedua mata klien dengan jari anda sambil berkata "TIDURLAH" lalu tekan lembut mata klien sambil melakukan deepening.
Sebaiknya hindari penggunaan hitungan yang berlebihan (di atas 40 hitungan) karena klien biasanya cenderung tertidur pulas karena terallu lelah dan mengabaikan lingkungannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...